Rafael Aranda, Carme Pigem, dan Ramon Vilalta

Tiga arsitek asal Spanyol, Rafael Aranda, Carme Pigem, dan Ramon Vilalta terpilih menjadi pemenang penghargaan Pritzker Prize 2017.

Tiga arsitek yang tergabung dalam biro arsitek RCR Arquitectes ini menjadi pemenang Pritzker Prize ke-39.

Baca juga: Hmm, Inilah 5 Kota Terbaik untuk First Time Home Buyer (Bagian 1)

Mereka akan mendapatkan hadiah uang sebesar US 100.000 dollar (Rp 1,3 miliar) dan juga medali perunggu dalam acara yang akan diselenggarakan di State Guest House, Tokyo, Jepang pada 20 Mei 2017 mendatang.

Pritzker Prize merupakan penghargaan paling bergengsi bagi arsitek. Penghargaan ini diberikan pertama kali pada 1979 silam.

Baca juga: Hmm, Inilah 5 Kota Terbaik untuk First Time Home Buyer (Bagian 2)

Rafael Aranda, Carme Pigem, dan Ramon Vilalta memulai karier profesional arsiteknya pada 1988 dengan mendirikan biro arsitek RCR Arquitectes.

Firma arsitek ini berkantor pusat di Olot, propinsi Girona, Spanyol. Olot berjarak sekitar 113 km dari kota terbesar kedua di Spanyol, Barcelona.

Baca juga: Hmm, Inilah 5 Kota Terbaik untuk First Time Home Buyer (Bagian 3)

RCR merupakan inisial nama depan mereka. Hal ini agak unik lantaran biasanya arsitek dari negara Barat mengambil nama biro arsitek mereka dari nama belakang alias nama keluarga.

“Aranda, Pigem, dan Vilalta memberikan pengaruh pada disiplin ilmu arsitektur melebihi apa yang mereka kerjakan,” ujar Ketua Dewan Juri Pritzker Prize 2017, Glenn Murcutt seperti dilansir oleh Dezeen.

Baca juga: Gedung Rancangan Renzo Piano Ramaikan Distrik SoMa San Francisco

Murcutt adalah arsitek senior dari Australia. Dia pernah memenangkan Pritzer Prize pada 2002 lalu.

“Pekerjaan mereka terentang dari ruang publik dan ruang privat, tempat seni budaya dan institusi pendidikan. Kemampuan mereka secara kuat terkait dengan lingkungan sekitar yang spesifik dengan lokasi proyek, ini menjadi bukti proses kerja mereka dan integritas mereka yang mendalam,” lanjut Murcutt.

Baca juga: Auditorium Apple Park Akan Diberi Nama Steve Jobs

Aranda, Pigem, dan Vilalta menjadi trio arsitek pertama yang mendapatkan hadiah ini.

Biasanya hadiah ini hanya dimenangkan oleh satu orang atau dua orang yang biasanya berasal dari firma arsitek yang sama.

Baca juga: Wow, Tujuh Pencakar Langit Baru Bakal Menghiasi Paris Lho

Ketiganya menjadi arsitek Spanyol kedua yang meraih penghargaan ini setelah Rafael Moneo pada 1996 lalu.

Bagikan: 1311 kali