Studio Arsitektur Vietnam, CTA Mendesain Apartemen dengan Plafon Berbentuk Anyaman dari Material Kayu (Foto: Rumah123/Designboom/CTA)

Biro arsitektur Vietnam, CTA mendesain sebuah hunian nyaman bagi pemilik yang ingin tidur nyenyak usai bekerja. Apartemen ini unik lantaran memiliki plafon kayu yang mirip seperti anyaman.

Apartemen ini berada di lantai dua Green Valley Apartment, distrik 7, Ho Chi Minh, Vietnam. Ho Chi Minh merupakan ibu kota Vietnam yang memiliki penduduk 13 juta jiwa.

Penghuni kota merasa hidung tertekan dalam bangunan tinggi dan kawasan sempit. Rutinitas harian dari hunian ke kantor bisa menyebabkan stres.

Baca juga: Bikin Interior Dapur Terlihat Kontras dengan Memadukan Furnitur Kayu dan Perabot Warna Putih

Klien CTA juga salah satu dari orang yang merasakan hal tersebut. Dia menginginkan hunian yang bisa membuatnya tenang.

“Klien merasa lelah saat bekerja di siang hari dan dia ingin datang ke rumahnya saat malam untuk beristirahat,” ujar CTA seperti dikutip oleh Designboom.

“Saat dia datang kepada kami, dia terbuka soal keinginannya. Dia ingin meninggalkan sebuah masalah dan kekhawatiran saat masuk ke pintu rumah dan memasuki surga di rumah dengan damai, menikmati waktu membaca buku bagus, dan tertidur dengan tenang,” lanjutnya.

Baca juga: Hmm, Kayak Apa Ya Lampu Gantung dengan Pola Kayu Terbakar?

CTA mengubah apartemen seluas 145 meter persegi ini dan menamakannya cloud house atau rumah di awan. Arsitek mengubah apartemen dengan ruangan kecil menjadi hunian dengan ruang luas yang multifungsi.

Penghuni bisa mengubah ruangan sesuai kebutuhan. Apartemen ini memiliki partisi yang dapat dipindahkan untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan.

Arsitek membuat bagian plafon seperti anyaman kayu. Plafon ini selaras dengan dinding yang mengaplikasikan kayu. Sementara sejumlah furnitur juga menggunakan kayu atau menempatkan perabot berwarna coklat.Plafon ini memang berbentuk seperti awan. Hal ini ditujukan untuk membuat desain ruangan menjadi lebih lembut.

Baca juga: Kehadiran Tangga Kayu Percantik Hunian dari Beton Ekspos dan Batu Bata

Klien Menginginkan Hunian yang Nyaman Sehingga Dia Bisa Beristirahat dengan Tenang Usai Bekerja (Foto: Rumah123/Designboom/CTA)
Bagikan: 290 kali