Saat Kamu Mudik Lebarang, Kamu Bisa Melakukan Sejumlah Hal Ketika Meninggalkan Hewan Peliharaan Seperti Menitipkan Hewan Pada Tempat Penitipan, Menitipkan Kepada Teman, Atau Mencari Orang Untuk Memelihara Sementara (Foto: Rumah123/Getty Images)

Mudik lebaran tentu bikin pusing bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan. Tidak mungkin untuk membawa serta binatang, namun ada sejumlah tips yang bisa dilakukan.

Kalau kamu mudik lebaran ke kampung halaman tentunya sulit untuk membawa hewan peliharaan. Apa jadinya kalau kamu membawa kucing atau anjing ke dalam pesawat, bus, atau kereta?

Jika kamu membawa kendaraan pribadi pun, tentunya hewan peliharaan kurang nyaman dalam mobil. Apalagi dalam mobil, juga sudah ada anggota keluarga kamu yang lain.

Baca juga: Rumah Mungil untuk Kucing Jalanan, Wah Di Jakarta Seharusnya Ada Juga Tuh

Sebenarnya sih memang masih memungkinkan kalau kamu membawa kucing saat mudik lebaran. Tetapi, kalau kamu memelihara burung tentu tidak mungkin kamu membawanya dalam kandang.

Begitu juga kalau kamu memelihara ikan dalam akuarium atau binatang seperti ular, buaya, kadal, dan sejenisnya. Kamu tidak mungkin membawanya.

Tidak usah khawatir saat kamu harus mudik berlebaran di kampung halaman dan kamu mesti meninggalkan hewan peliharaan. Ada sejumlah tips yang kamu lakukan.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Tempat Bermain Kucing di Rumah

 

Membawa Ke Tempat Penitipan Hewan

Jika kamu memelihara kucing, anjing, atau hamster maka kamu bisa membawanya ke tempat penitipan hewan, dokter hewan, atau toko makanan binatang. Biasanya ada saja penitipan hewan bagi hewan yang ditinggal sementara oleh pemiliknya.

Pastikan kalau hewan kesayangan kamu sudah diberi vaksin dan juga bersih sehingga tidak menulari hewan lain. Selain itu, jangan lupa membawakan mainan kesayangan kalau kamu menitipkan kucing.

Penitipan hewan sudah mengetahui mengenai perawatan hewan. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau kucing kesayangan kamu bakal kekurangan makan atau tidak dirawat.

 

Menitipkan Kepada Komunitas Pencinta Hewan

Kalau kamu memelihara ular, buaya, kadal, bunglon, dan sejenisnya, nah solusinya kamu bisa mendatangi rekan-rekan sesama komunitas pencinta hewan yang sama. Biasanya kamu ikut dalam komunitas kan?

Tentunya tidak banyak penitipan hewan yang mau menerima hewan eksotik seperti di atas. Kamu bisa menitipkan hewan kesayangan kepada teman-teman. Hal yang sama bisa kamu lakukan kalau kamu memelihara burung.

Mereka pastinya sudah tahu bagaimana memelihara hewan yang tidak biasa ini kan? By the way, jangan lupa untuk menitipkan makanan untuk hewan kesayangan kamu.

 

Mencari Orang yang Bisa Merawat

Seandainya kamu memelihara ikan koi dalam akuarium atau kolam, nah ini lain cerita lagi. Kamu tidak mungkin menitipkannya ke tempat penitipan atau komunitas.

Mau tidak mau, kamu harus mencari orang yang bisa dipercaya untuk memberikan makanan terhadap ikan kesayangan. Tidak hanya itu, tentunya orang ini harus mengecek saluran air dan mesin penghasil oksigen.

Kamu tidak perlu khawatir lagi saat mudik lebaran dengan meninggalkan hewan peliharaan di rumah. Mudik lebaran pun jadi lebih nyaman.

Bagikan: 386 kali