Ilustrasi Orang Mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. PT Kereta Api Indonesia Telah Mempersiapkan Sejumlah Kereta Tambahan dan Juga Perjalanan Tambahan Jelang Idul Fitri 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Idul Fitri 2019 memang masih tiga pekan lagi. Bagi mereka yang terbiasa mudik, tentunya sudah membeli tiket kereta api, pesawat, kapal laut, atau bus sudah sejak lama. Jangan khawatir, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mempersiapkan 50 perjalanan kereta tambahan untuk semua rute.

Kalau kamu terbiasa mudik dan tidak menggunakan kendaraan pribadi, biasanya menggunakan transportasi umum. Saat hari raya seperti Lebaran, biasanya orang sudah membeli tiket sejak lama.

Namun, ada kalanya orang baru bisa membeli tiket jelang Lebaran karena banyak hal seperti ketersediaan dana, kesibukan kerja, dan lainnya. Kamu tidak perlu khawatir karena PT KAI telah mempersiapkan kereta tambahan.

Baca juga: DDT Jatinegara-Cakung Sudah Beroperasi, Commuter Line Bakal Lebih Lancar Nih

Seperti dilansir oleh situs Tirto.id, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menyatakan bahwa pada 2019 ini, pihaknya sudah menetapkan masa angkutan Lebaran selama 22 hari mulai dari 26 Mei hingga 16 Juni 2019.

PT KAI sudah menyiapkan 406 perjalanan selama angkutan Lebaran 2019. Jumlah ini sudah mencakup 50 perjalanan KA Lebaran Tambahan.

Operator kereta menambah perjalanan untuk sejumlah rute favorit terutama keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambur dengan tujuan Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya.

Baca juga: Penumpang KRL Commuter Line Diizinkan Buka Puasa di Dalam Kereta

Perlu diketahui, jumlah kursi pada KA tambahan ini sebanyak 247 ribu kursi per hari! Secara keseluruhan, kursi yang tersedia pada KA tambahan ini mencapai 6,4 juta kursi.

Edi menjelaskan bahwa PT KAI menyediakan 247 ribu kursi pada 2019. Jumlah ini naik dari tahun lalu dengan jumlah 236 kursi. Ada kenaikan penambahan kursi sebanyak 11 ribu.

Bagi kamu yang biasa menggunakan kereta api untuk mudik, jangan takut dan khawatir ya. PT KAI sudah mempersiapkan kereta tambahan.

Baca juga: Kereta Bandara Yogyakarta Sudah Beroperasi, Buat yang Mudik Jangan Lupa Naik

Untuk itu, kamu harus rajin memantau situs resmi PT KAI dan juga situs perjalanan yang menjadi rekanan PT KAI, kamu bisa mencari tiket mudik dan balik. Pastikan tanggal perjalanan, jam berangkat, dan stasiun tujuan sesuai.

Selama bulan Ramadan 2019, situs Rumah123.com menyajikan sederetan berita terkait puasa, mudik, dan lainnya. Di bulan yang baik, ini mari kita lakukan segala sesuatu yang #baikdarirumah.

Bagikan: 1140 kali