Punya rencana untuk mendapatkan momongan lewat program bayi tabung? Simak dulu biaya bayi tabung terbaru di beberapa rumah sakit berikut!

biaya bayi tabung

Memiliki buah hati tentu menjadi idaman banyak pasangan yang sudah menikah. 

Namun tidak sedikit pasangan yang belum dikaruniai rezeki untuk menimang anak meski sudah lama mengarungi bahtera rumah tangga. 

Cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan program bayi tabung yang menjanjikan tingkat keberhasilan tinggi dan proses yang aman. 

Jika kamu tertarik atau sedang berencana untuk menempuh metode ini untuk mendapatkan anak, simak rincian biaya yang perlu dipersiapkan berikut!

Rincian Biaya Bayi Tabung 

Program bayi tabung menjadi solusi yang tepat untuk pasangan yang mengalami kesulitan untuk mendapat momongan karena berbagai faktor. 

Isu yang kerap muncul dapat berasal dari pihak istri, yaitu kondisi rahim atau saluran telur yang tidak memadai untuk tempat berkembangnya embrio maupun tingkat kesuburan yang rendah. 

Faktor lain yang juga sering ditemukan datang dari kualitas dan kuantitas sperma yang kurang memadai sehingga sulit untuk menembus sel telur atau bertahan hidup ketika masuk di dalam area serviks.

Sebelum menjalani tahapan bayi tabung, konsultasi dan check-up dengan dokter spesialis kandungan perlu dilakukan untuk memeriksa kesehatan rahim. 

Kisaran biaya bayi tabung sangat bervariasi tergantung dari rumah sakit atau klinik yang dituju, termasuk fasilitas, jenis tindakan yang harus dilakukan, sampai pengeluaran untuk obat-obatan pasien.

Namun rincian biaya program bayi tabung umumnya terdiri dari: 

- Registrasi keikutsertaan program bayi tabung. - Pemeriksaan sperma, guna mengetahui kualitas dan kesehatan sel sperma. - Tindakan bayi tabung. - Resep obat-obatan. - Pemeriksaan labaratorium. - Pemeriksaan pendukung, seperti USG. - Konsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Selain berbagai tahapan dasar di atas, beberapa layanan penunjang lainnya yang juga tersedia di beberapa rumah sakit meliputi: 

- Deposito sperma - Pembekuan sperma/embrio (sperm/embryo freezing) - FET (Frozen Embryo Transfer) - IMSI treatment - PGS (Preimplantation Genetic Screening) - Assisted hatching - Pengambilan sel telur (ovum pick up) - Preparasi sperma - Pembuahan dan kulturisasi telur (Intracytoplasmic sperm injection/ICSI) - Transfer embrio

Beragam tindakan dan layanan yang disediakan oleh pusat kesehatan ada yang tersedia secara paket atau mesti dibayar secara terpisah. 

Pastikan jika kamu dan pasangan telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan supaya bisa menentukan tindakan apa saja yang perlu dan tidak wajib untuk diambil. 

Semakin kompleks dan banyak tindakan yang perlu dilewati tentu membuat biaya program bayi tabung akan semakin mahal. 

Biaya Bayi Tabung di Rumah Sakit dan Klinik Jakarta

Di Indonesia, khususnya ibukota kamu bisa menemukan banyak penyedia program bayi tabung baik di rumah sakit maupun klinik dengan rentang harga yang cukup beragam.

1. Klinik Teratai Rumah Sakit Gading Pluit

Salah satu penyedia program bayi tabung dengan biaya yang relatif terjangkau di Jakarta adalah Klinik Teratai Rumah Sakit Gading Pluit. 

Paket yang ditawarkan mulai dipatok dari harga Rp39-80 juta yang meliputi biaya konsultasi dokter, check-up pendukung, prosedur utama, sampai perawatan pasca tindakan. 

Harga pasti untuk setiap pasien pastinya akan berbeda karena pengaruh faktor-faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Detail pengeluaran untuk tindakan yang umumnya diambil yaitu: 

- Konsultasi dokter: Rp300.000. - USG: Rp150.000 - Rp 250.000. - Paket bayi tabung IVF/ ICSI: Rp31.500.000.

Tidak ketinggalan beberapa layanan tambahan yang biasanya wajib diambil seperti: 

- Assisted hatching: Rp2.200.000. - Embryo/sperm freezing: Rp1.850.000 (gratis 3 bulan). - Penyimpanan embrio/sperma beku: Rp1.650.000 (per 6 bulan). - Frozen embryo transfer: Rp3.250.000. - Thawing embryo: Rp1.500.000. - Analisa sperma: Rp325.000. - Intrauterine insemination: Rp2.400.000. 

2. Sammarie Basra 

Pusat kesehatan spesialis ibu dan anak yang terletak di daerah Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur ini menyediakan solusi untuk pasangan yang menambah personel di rumah. 

Sammarie Basra yang masih berada di bawah naungan SamMarie Healthcare Group menyediakan fasilitas pelayanan obstetri dan ginekologi canggih dengan kisaran biaya bayi tabung mulai dari 53 juta rupiah.  

3. RS Permata Depok

Rumah sakit lainnya yang turut menyediakan program bayi tabung adalah RS Permata Depok yang berlokasi di Sawangan, Kota Depok.

RS Permata Depok menawarkan biaya bayi tabung yang relatif terjangkau dengan paket mulai dari 41 juta rupiah dengan tindakan pendukung yang bisa dipilih sesuai kondisi dan kebutuhan pasien. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terkini di River Valley Residence!

Bagikan:
8276 kali