Bekasi Menjadi Kota yang Paling Kurang Disukai oleh Orang yang Tinggal di Jakarta, Tetapi Juga Oleh Mereka yang Tinggal di Depok, Bogor, Tangerang, dan Sejumlah Kota Lainnya. Hal Ini Terungkap dari Sentiment Survey yang Dilakukan oleh Situs Properti Rumah123.com (Foto: Rumah123/Getty Images)

Bekasi menjadi area yang masih kurang diminati oleh para pencari properti. Hal ini terungkap dalam hasil riset Sentiment Survey 2019 yang dilakukan oleh situs properti Rumah123.com yang merupakan bagian dari REA Group Australia.

Bekasi sempat menjadi bahan bully atau perisakan oleh publik. “Planet” Bekasi seolah berada di galaksi lainnya lantaran akses jalan yang macet dan rusak.

Padahal Bekasi merupakan salah satu kota di pinggiran Jakarta selain Tangerang, Bogor, dan Depok. Namun, citra Bekasi memang sedikit kurang baik bagi masyarakat.

Baca juga: Mau Naik KRL Commuter Line dari Bekasi Secara Gratis, Ikut Aja Program Senin Diongkosin

Hal ini juga terungkap dalam hasil Sentiment Survey 2019 yang menyatakan Bekasi menjadi kota yang paling tidak diinginkan oleh mereka yang tinggal di Jakarta.

Mereka yang tinggal di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bintaro juga mengungkapkan kurang minat untuk tinggal di Bekasi. Bahkan, mereka yang berdomisili di Bandung juga tidak mau pindah ke Bekasi.

Dalam temuan lainnya dalam riset yang sama, masyarakat memang lebih suka tinggal dan mencari hunian di kota yang sama. Mereka yang tinggal di Tangerang, Depok, Bogor, dan lainnya akan mencari hunian di kota yang sama.

Baca juga: Kalau Sudah Tahu Jalur LRT Jabodebek, Yuk Buruan Beli Rumah di Cibubur atau Bekasi

Namun, mereka seolah “kompak” kalau tidak mau pindah ke galaksi lain bernama Bekasi. Jika dibandingkan dengan pilihan pindah ke Jakarta, warga tiga daerah penyangga ini lebih suka tinggal di ibu kota.

Sebenarnya, mereka yang tinggal di Malang, Yogyakarta, dan Surabaya juga tidak mau pindah ke kota lain. Tetapi, warga ketiga kota ini juga enggan untuk hijrah ke Bekasi.

Hal serupa pernah terungkap dalam Sentiment Survey 2018. Bekasi merupakan kota yang kurang diminati orang yang berasal dari kawasan lain.

Baca juga: Tips Aman di Rumah: Aksi Penculikan Balita Terjadi di Bekasi, Saatnya untuk Antisipasi

Mereka yang tinggal di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Depok, Bogor, Tangerang, Bandung, hingga Surabaya tidak memilih Bekasi sebagai lokasi tinggal.

Hanya saja mereka yang tinggal di Jakarta Timur memilih opsi Bekasi sebagai pilihan jika ingin mencari hunian. Hmm, masuk akal sih lantaran Bekasi memang berbatasan dengan Jakarta Timur. Jadi kalau mempunyai rumah atau apartemen, memang jaraknya tidak terlalu jauh.

Bagikan: 68964 kali