Foto: Rumah123/Getty
 

Penghematan adalah judul mengelola pengeluaranmu. Jadi, meskipun konteksnya merayakan Hari Kemenangan, tapi gak harus juga kamu ikut-ikutan tetangga atau teman yang jor-joran belanja buat tampil wah di Hari Raya. Apalagi kalau kocek kamu pas-pasan banget. Tapi, ada cara lho kamu bisa tampil tetap oke dengan langkah-langkah berikut ini:

Belanja yang Dibutuhkan Aja

 Coba tanya diri kamu sendiri dan anggota keluarga, apa yang betul-betul dibutuhkan untuk Hari Raya? Kalau yang diinginkan pastilah banyak. Nah, yang betul-betul dibutuhkan itulah yang dibeli. Gak perlu ngeces liat barang-barang di mal-mal yang mengeksplorasi dan promosi abis tentang Hari Raya.

Baca juga: Belanja Pinter Tanpa Otak Muter-Muter!

Waktunya Bongkar Lemari

Coba bongkar lemari pakaian kamu. Oh la la! Ternyata banyak juga baju kamu yang jarang dipake, bahkan mungkin ada yang belum pernah dipake sejak kamu beli. Kerahkan daya kreativitasmu agar baju-baju itu bisa dipake di Hari Raya. Intiplah di Youtube misalnya, kreasi-kreasi padu padan atau kiat-kiat menampilkan baju lama jadi baru.

Cari Nilai Tambah

Kadang baju yang sama kalau kamu beri sentuhan aksesori baru, maka bisa kelihatan seperti baju baru. Misalnya kamu tambahkan kalung atau bros, atau skarf bercorak polos ataupun bermotif pada baju lama. Agar hasilnya maksimal, boleh juga kamu minta saran teman atau orang rumah yang seleranya bagus dan orangnya jujur kalau memberi masukan.

Baca juga: Kalau Pengin Kebeli Rumah, Jangan Kejebak Belanja Murah!

Sediakan Anggaran Khusus untuk Penampilan

Supaya kamu gak boros saat berbenja, bisa juga dengan cara kamu menganggarkan dana untuk belanja di Hari Raya. Semisal 10-20 persen dari gaji atau THR. Dengan Batasan seperti ini, maka kamu gak kebablasan saat berbelanja karena ketika dana belanja sudah habis, kamu pun berhenti berbelanja. Kan duit buat belanja udah abis!

 Bikin Grup Sharing Barang

Kamu bisa bikin grup dengan anggota yang suka berpenampilan oke. Biasanya mereka punya koleksi aksesori atau baju yang oke. Para anggotanya bisa sharing koleksi masing-masing buat anggota lain yang lagi butuh. Tentu saja cari yang ukurannya cocok ya. Dengan cara ini kamu bisa menghemat pengeluaran.

Bagikan: 870 kali