OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Terungkap! Gaji Bupati di Indonesia 2021 Kurang dari Setengah UMR DKI Jakarta

19 Juli 2022 · 3 min read Author: Christantio Utama

gaji bupati

Sumber: Pemkab Karawang

Gaji Bupati merupakan salah satu upah pejabat negara yang relatif cukup rendah jika dibandingkan dengan pejabat yang lain.

Bahkan nominalnya gak sampai setengah dari gaji UMR DKI Jakarta yang mencapai sekitar Rp4,4 juta loh!

Namun selain gaji pokok, seorang Bupati juga mendapatkan berbagai tunjangan yang didapatkan selama berdinas di daerahnya masing-masing.

Penasaran berapa jumlahnya?

Yuk, langsung aja kita simak daftar lengkap gaji pokok, tunjangan dan fasilitas yang didapatkan seorang Bupati di Indonesia berikut ini.

Daftar Gaji Bupati di Indonesia 2021

Gaji Bupati diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2000 mengenai Hak Keuangan / Administratif Kepala Daerah / Wakil Kepala Daerah / Dan Bekas Kepala Daerah / Bekas Wakil Kepala Daerah Serta Janda / Dudanya.

Peraturan tersebut merupakan perubahan dari peraturan sebelumnya di PP Nomor 9 Tahun 1980.

Gaji pokok pejabat setingkat Bupati dalam peraturan tersebut adalah Rp2,1 juta per bulannya.

Sedangkan untuk wakil Bupati sendiri diberi upah mencapai Rp1,8 juta per bulan.

Nominal tersebut sangatlah kecil jika dibandingkan dengan UMP DKI Jakarta tahun 2021 sebesar Rp4.416.186.

Bahkan tidak sampai setengahnya.

Namun terdapat tunjangan dan fasilitas lainnya yang didapatkan oleh seorang Bupati.

Tunjangan Bupati

bupati di indonesia

Bukan cuma gaji, Bupati juga mendapatkan tunjangan yang tertuang pada Pasal 4 ayat (2) PP Nomor 59 Tahun 2000 yang berbunyi:

“Selain gaji pokok Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), diberikan tunjangan jabatan dan tunjangan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil kecuali ditentukan lain dengan peraturan perundang-undangan.”

Tunjangan yang diberikan kepada seorang Bupati adalah Tunjangan Jabatan sebesar Rp3,78 juta per bulan.

Sedangkan untuk tunjangan jabatan wakil Bupati ditetapkan sebesar Rp3,24 juta per bulan.

Nominal tersebut berdasarkan Perpres Nomor 68 Tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

Bukan cuma itu, Seorang Bupati dan Wakilnya juga mendapatkan tunjangan anak, tunjangan istri, tunjangan beras, tunjangan kesehatan berupa perlindungan BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan.

Tunjangan Operasional Bupati

Lalu untuk tunjangan yang berkaitan dengan operasional kerja Bupati tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2000 mengenai Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Nominal tunjangan operasional Bupati setiap daerah berbeda-beda tergantung Pendapatan Asli Daerah(PAD) masing-masing wilayah.

Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

– PAD 0 hingga Rp5 miliar, maka tunjangan operasional sebesar paling rendah Rp125 juta dan maksimal sebesar 3% dari total  PAD.

– PAD Rp5 miliar hingga Rp10 miliar, maka tunjangan operasional sebesar paling rendah Rp150 juta dan maksimal sebesar 2% dari total PAD.

– PAD Rp10 miliar hingga Rp20 miliar, maka tunjangan operasional sebesar paling rendah Rp250 juta dan maksimal sebesar 1,5% dari total PAD.

– PAD Rp20 miliar hingga Rp50 miliar, maka tunjangan operasional sebesar paling rendah Rp300 juta dan maksimal sebesar 0,8% dari total PAD.

– PAD Rp50 miliar hingga Rp150 miliar, maka tunjangan operasional sebesar paling rendah Rp400 juta dan maksimal sebesar 0,4% dari total PAD.

– PAD lebih dari Rp150 miliar, maka tunjangan operasional sebesar paling rendah Rp600 juta dan maksimal sebesar 0,15% dari total PAD.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai daftar gaji Bupati tahun 2021 yang bisa kamu ketahui.

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Dan jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA