OK

Terungkap, Cerita Opsus Ali Moertopo Gunakan Jasa Pemberontak untuk Basmi PKI

19 Juli 2022 · 2 min read · by Adhitya Putra

opsus ali moertopo

Bagaimana opsus Ali Moertopo yang memanfaatkan anggota eks Darul Islam untuk menghabisi keberadaan PKI dijalankan? Yuk, simak kisahnya dalam artikel ini.

Ali Moertopo merupakan tokoh intelijen Indonesia yang cukup disegani oleh berbagai pihak.

Hal ini terlihat dari keberhasilan dirinya dalam menjalankan serangkaian operasi khusus alias opsus di masa rezim Orde Baru.

Mantan anggota pasukan Banteng Raider yang kemudian bertugas menjadi Kepala Operasi Khusus di era Presiden Soeharto ini piawai mengatur strategi dalam tugas intelijen.

Salah satu Opsus Ali Moertopo yang berhasil, yakni tatkala dirinya ditugaskan untuk membasmi para anggota dan simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI), pasca kejadian tahun 1965.

Manfaatkan Eks Anggota DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia)

Dikutip dari laman Merdeka.com, pihak intelijen tentara di bawah pimpinanan Ali Moertopo, diam-diam menjalin hubungan baik dengan eks anggota DI/TII.

Seorang eks anggota Opsus Ali Moertopo, Alosyus Sugiyanto menceritakan bila timnya membina hubungan baik dengan tokoh DI/TII, Danu Muhammad Hasan.

Jalinan pertemanan yang baik tersebut bukanlah tanpa alasan dan berjalan sangat intens.

Alosyus mengatakan, hubungan baik itu melahirkan sikap kooperatif dari kalangan kelompok pemberontak tersebut.

Para eks aktivis Darul Islam yang dikenal sangat anti komunis itu menyatakan siap membantu, ketika pemerintah Soeharto hendak menghabisi anggota PKI dan loyalis Presiden Soekarno.

raja intel ali moertopo

Sumber: Merdeka.com

Strategi Intelijen Opsus Ali Moertopo

Dalam buku The Second Front: Inside Asia’s Most Dangerous Terrorist Network, karya Ken Conboy, mencatat bagaimana peran anak buah Ali Moertopo dalam menjalankan operasi rahasia tersebut.

“Danu dan kelompok kecil pendukungnya menjelajah Jakarta, guna membongkar persembunyian para pejabat rezim Soekarno,” tulis Conboy.

Menurutnya, anggota Darul Islam sangat antusias. Lantas, sang jenderal intelijen tersebut kemudian menyediakan sejumlah fasilitas.

Kerja sama “dua pihak yang pernah bermusuhan” itu bisa dibilang berlangsung sukses.

Sebagai bentuk rasa terimakasih, pemerintah memberikan hadiah dengan membebaskan kelompok Darul Islam dari tindakan pemberontakan pada tahun 1949-1962.

Nah, itulah kisah opsus Ali Moertopo yang gunakan kekuatan intelijen untuk membasmi PKI di Indonesia

Baca juga ulasan artikel terkait, gaya hidup, kabar properti hingga inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.

Rekomendasi terbaik untuk memiliki rumah mewah di kawasan Bandung, Jawa Barat pastinya adalah Podomoro Park.


Tag: , ,


Adhitya Putra
Adhitya Putra

Seorang jurnalis Rumah123.com yang sedang menekuni peran sebagai penulis berbasis SEO.