njop surabaya

Tertarik untuk membeli hunian atau berinvestasi properti di Kota Pahlawan? Sebelum itu, sebaiknya kamu perlu mengetahui NJOP Surabaya terlebih dahulu.

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi ataupun memiliki rumah kedua di kota Surabaya, tentunya kamu harus cari tahu terlebih dahulu keadaan kota tersebut.

Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia, dengan perkembangan yang cukup pesat baik dari segi industri maupun properti.

Pilihan memiliki investasi di Surabaya merupakan potensi yang baik untuk jangka panjang, terlebih jika kamu ingin menyewakan properti tersebut.

Pesatnya perkembangan properti di Surabaya, membuat harga sewa dan jual hunian di Kota Pahlawan ini meningkat.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui penyeseuaian Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP Surabaya, lho. Yuk, simak beberapa penjelasan tentang NJOP Surabaya berikut ini.

Apa Itu NJOP?

NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak adalah taksiran harga rumah atau bangunan yang dihitung berdasarkan luas dan zona rumah serta bangunannya.

Sederhananya, jika nilai jual objek pajak adalah taksiran harga rumah dan bangunan yang dihitung berdasarkan luas dan zona rumah serta bangunannya.

Jadi, jika kamu ingin melakukan transaksi jual beli rumah, nilai jual objek pajak merupakan hal yang penting untuk kamu pahami.

NJOP Surabaya 2021 Tidak Naik

Pada 2018, Pemerintah Kota Surabaya mengumumkan tentang kenaikan pajak bumi dan bangunan (PBB) yang dipengaruhi banyak faktor.

Pemkot Surabaya mengaku telah membangun berbagai fasilitas, infrastruktur, saluran dan jalan-jalan yang ada di kota pahlawan tersebut.

Karena itulah yang diklaim sebagai penyebab nilai jual rumah, tanah, dan bangunan bergerak terus naik setiap tahunnya.

Lantaran nilai jual properti terus naik, maka NJOP Surabaya per meter pun ikut naik. Dalam NJOP tersebut telah diatur berdasarkan level atau kelas-kelasnya.

Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Walikota Surabaya No 73 tahun 2010 tentang klasifikasi dan penetapan nilai jual objek pajak sebagian dasar pengenaan PBB di Kota Surabaya.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, dilansir dari berbagai sumber, PBB Kota Surabaya tidak ada kenaikan pada 2021.

Jadi, Pemkot Surabaya memastikan bahwa tidak ada kenaikan biaya PBB, dengan alasan masih pandemi sehingga, pembahasan raperda tentang PBB juga belum dibahas kembali.

Tidak hanya itu, Pemkot Surabaya, memastikan tidak ada kenaikan harga jual objek pajak (NJOP) tahun 2021 ini.

Besaran NJOP hanya ada dua kategori yaitu NJOP di bawah Rp1 miliar dan NJOP Surabaya di atas Rp1 miliar.

Cek NJOP Online

Nah, kini kamu tidak perlu khawatir, karena kamu dapat mengecek NJOP online. Caranya pun mudah dan sudah pasti akurat.

Kamu hanya perlu membuka situs resmi pemerintahan provinsi. Misalnya saja, kamu ingin mengetahui cek NJOP online Bogor atau cek NJOP online Semarang, maka kamu buka situs kota tersebut.

Misalnya saja, kamu ingin mengetahui besaran NJOP Jakarta, kamu hanya perlu membuka situs Badan Pendapatan Daerah Jakarta, setelah itu kamu bisa melihat paparan NJOP di beberapa wilayah Jakarta.

Jadi, untuk berinvestasi properti di kota Surabaya, kamu harus cek NJOP Surabaya terlebih dahulu ya. Untuk mengetahui besaran NJOP daerah tersebut.

Kamu bisa membuka tautan pbb.surabaya.go.id, laman Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah Surabaya.

Rumah123.com juga sempat membahas mengenai NJKP (Nilai Jual Kena Pajak), ini merupakan bagian dari NJOP lo.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Gallery West Residence.

Bagikan:
394 kali