OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Terobosan Mutakhir, Tahun Depan Bayar Tol Tanpa Berhenti di Ruas Jawa Bali

19 Juli 2022 · 3 min read Author: Reyhan Apriathama

bayar-tol-tanpa-berhenti1

Sumber: Kumparan.com

Pembangunan infrastruktur yang kian maju pastinya harus diimbangi dengan kemajuan teknologi mutakhir, termasuk penggunaan sistem bayar tol tanpa berhenti di Jawa Bali.

Untuk mengakomodir hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menerapkan sistem transaksi tol tanpa berhenti berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Nantinya, melalui sistem tersebut setiap kendaraan yang melewati jalan tol tidak perlu berhenti untuk melakukan proses pembayaran dan bersifat terintegrasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, ekosistem pembayaran di jalan tol tetap harus berada dalam kendali operator jalan tol. 

Menurutnya, pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan operasi dan kinerja jalan tol.

“Meskipun kita tertinggal dari negara lain. Untuk itulah saya tetap mendukung pemanfaatan konsep sharing infrastructure dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, yang juga menunjukkan semangat join control serta instrumen untuk manajemen operasi jalan tol dan keberlanjutan pengusahaan jalan tol,” kata Basuki dalam webinar virtual ITS Indonesia, Kamis (29/07/2021).

Ia menambahkan jika sistem bayar tol tanpa berhenti ini akan beroperasi secara terintegrasi mulai 2023.

Beberapa hari yang lalu, pihaknya pun telah menerbangkan beberapa pegawai ke Hungaria untuk mendesain MLFF di Indonesia.

“Ini harus kita terapkan sebelum menerapkan multi lane free flow pada 2023 mendatang. Beberapa staff PUPR baru saja kembali dari Hungaria untuk mendesain MLFF. Ada 9 orang yang kita kirim untuk membuat desain MLFF ini,” ujarnya.

Kemudian, tahap pertama penerapan bayar tol tanpa berhenti akan diterapkan pada 40 ruas tol yang terdapat di Pulau Jawa-Bali pada 2022.

“Diharapkan sistem transaksi nirsentuh MLFF akan 100% Go Live di seluruh jaringan Jalan Tol Indonesia pada 2023. Pada saat itu tidak akan ada lagi Gardu Tol karena pengguna jalan tol akan terhubung dengan satelit untuk proses pembayaran pengguna Jalan Tol,” jelas Basuki.

Nantinya, transaksi bayar tol tanpa berhenti akan menggunakan MLFF berbasis sistem teknologi global navigation satellite system (GNSS), yaitu pembayaran menggunakan alat yang dibaca melalui sistem satelit.

Teknologi ini akan mengenali dan mengidentifikasi kendaraan pengguna, sehingga proses bayar tol diakses cepat, efisien tanpa antrean dan tundaan transaksi.

Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti Mulai Akhir Kuartal 2021 

Beroperasi penuh di tahun mendatang, proses uji coba bayar tol tanpa berhenti akan dicoba oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) antara Kuartal II dan III 2021.

“Tahun ini akan dimulai konstruksi, instalasi dari sensor dan gantry sehingga harapannya teknologi MLFF pada Kuartal II dan III sudah bisa diuji coba 50% dari seluruh gardu tol yang ada di Indonesia,” ujar kepala BPJT Danang Parikesit.

Saat ini, proses rancangan bayar tol tanpa berhenti sudah dalam tahap sedang menyusun sistemnya secara menyeluruh.

“Tahun ini fokus kami terkait MLFF untuk konstruksinya dan juga membuat kesepakatan komersialnya dengan badan-badan usaha jalan tol (BUJT) karena yang akan membiayai sistem MLFF ini adalah badan usaha lainnya, sehingga tidak ada pembebanan biaya tambahan untuk masyarakat,” katanya.

Perlu diketahui, nantinya penerapan bayar tol tanpa berhenti akan dilakukan secara bertahap dengan daerah perkotaan sebagai tujuan utamanya seperti Jabodetabek dan Surabaya.

Apabila penerapan MLFF ini diberlakukan sepenuhnya, nantinya pengguna jalan tol harus mengunduh aplikasi untuk sistem tol nirsentuh di ponsel masing-masing.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang proses bayar tol tanpa sentuh yang makin cepat dan praktis.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123

“Cari tahu The Valley of Esma untuk investasi properti selengkapnya.”


Tag: ,


Reyhan Apriathama
Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA