Ilustrasi Bus (Foto: Rumah123/REA Group Australia)

Bus Transpatriot Bekasi sudah beroperasi selama tiga pekan lebih. Ternyata, rata-rata jumlah penumpang per bus dan per sekali perjalanan belu memenuhi target.

Rata-rata jumlah penumpang dalam satu bus dalam sekali perjalanan dari Terminal Bekasi menuju Harapan Indah dan juga sebaliknya, Harapan Indah menuju Terminal Bekasi yaitu sebanyak 22 penumpang.

Transpatriot baru memiliki dua rute. Rute Terminal Bekasi-Harapan Indah mempunyai 21 halte, sedangkan rute Harapan Indah-Terminal Bekasi hanya memiliki 13 halte. Bus Transpatriot beroperasi dari pukul 05.00 pagi hingga 21.00 WIB setiap harinya.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu 13 Halte Transpatriot Rute Harapan Indah-Terminal Bekasi

“Kini, penumpang rata-rata tembus 22 orang, sebelumnya minggu kedua itu cuma sekitar 11 sampai 12 orang per bus,” ujar Kepala Divisi Transpatriot Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Kota Bekasi Nirwan Fauzi seperti dikutip oleh Kompas.com.

“Penumpang ramai terutama di jam-jam siang mulai pukul 11.00 hingga 13.30 WIB. Tapi, untuk jam pergi dan pulang kantor hanya sedikit,” lanjut Nirwan.

Perusahaan Daerah Mitra Patriot sempat menargetkan kalau rata-rata penumpang dalam satu bus untuk satu kali perjalanan adalah 30 orang.

Baca juga: Mau Tahu Bedanya Transpatriot dengan Transjakarta

Kalau jumlahnya mencapai 30 orang, maka harga tiket ideal Transpatriot adalah Rp7.000. Pemerintah Kota Bekasi dapat menetapkan tiket dengan harga Rp3.500, sementara sisanya memakai subsidi dari pemerintah kota.

Nirwan memaparkan kalau rata-rata jumlah penumpang per bus mencapai 30 orang itu sama saja separuh dari biaya operasional sudah terpenuhi dari pemasukan tiket.

Perusahaan Daerah Mitra Patriot masih berharap jumlah penumpang bakal meningkat. Pertambahan jumlah penumpang akan membuat subsidi semakin kecil.

Baca juga: Berapa Sih Tarif Transpatriot Bekasi?

Pengelola memang belum menetapkan tarif. Namun, rapat antara Pemerintah Kota Bekasi dan operator Perusahaan Daerah Mitra Patriot kalau tarif bus Transpatriot adalah Rp3.500 untuk umum dan Rp2.500 untuk pelajar.

Bagikan: 618 kali