Ilustrasi (Foto: Rumah123/REA Group Australia)

Pemerintah mewajibkan para developer yang membangun dan mengembangkan hunian berkonsep TOD (Transit Oriented Development) untuk menyediakan unit hunian untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).

Tujuannya sudah tentu agar masyarakat dengan penghasilan rendah bisa membeli dan memiliki hunian dengan harga terjangkau dan juga dekat dengan fasilitas transportasi massal. Menurut Kemen PUPR yang masuk kategori MBR adalah mereka yang berpenghasilan antara Rp4 juta hingga Rp7 juta.

“Peruntukkannya sudah jelas kan bahwa 20-30 persen untuk MBR tentunya sesuai dengan harga standar yang ditetapkan pemerintah,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Khalawi Abdul Hamid seperti dikutip oleh Kompas.com.

Baca juga: Adhi Karya Bangun Rusunami Terintegrasi Stasiun Cisauk

Ada anggapan kalau hunian TOD cuma bisa dibeli oleh kalangan tertentu yang memiliki uang. Perusahaan pengembang diwajidbkan membangun unit bagi kalangan MBR, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Belum lama ini, tiga BUMN (Badan Usaha Milik Negara) membangun apartemen dan rusunami (rumah susun sederhana milik) yang berkonsep TOD.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk membangun hunian yang terintegrasi Stasiun Cisauk. Hunian vertikal ini bernama Cisauk Point. PT Hutama Karya (Persero) membangun di Stasiun Jurangmangu.

Baca juga: Hutama Karya Kembangkan Rusunami TOD di Stasiun Jurangmangu

Sementara Perum Perumnas membangun hunian di Stasiun Rawa Buntu. Hunian vertikal ini bernama Mahata Serpong.

Secara keseluruhan, ada sekitar 10.000 unit, 30 persen di antaranya memang diperuntukkan bagi MBR. Harga hunian untuk MBR yang tentunya bersubsidi memang bervariasi. Kompas.com melansir harga hunian bersubsidi di Mahata Serpong mulai dari Rp250 juta.

Buat kamu yang masuk kategori MBR dan sedang mencari hunian, saatnya untuk memilih antara Stasiun Rawa Buntu, Jurangmangu, dan Cisauk. Yuk, beli hunian.

Baca juga: Perum Perumnas Bangun Mahata Serpong, Hunian TOD di Rawa Buntu

Bagikan: 1182 kali