Apartemen Mewah yang Didesain oleh Mendiang Arsitek asal Inggris, Zaha Hadid (Rumah123/Archdaily)

Dalam sepuluh tahun atau satu dekade terakhir, para pembeli hunian premium mau membayar lebih mahal untuk hunian yang didesain oleh arsitek kelas dunia. Mereka tidak ragu untuk membayar 24,5% lebih mahal.

Situs properti Mansion Global mengutip data konsultan properti CityRealty yang melakukan riset pada setiap transaksi dari 50 apartemen mewah di kawasan Manhattan, New York, Amerika Serikat pada sepuluh tahun terakhir.

Baca juga: Google Kenang Karya Arsitektur Si Ratu Lekukan asal Inggris

Sebanyak 17 apartemen didesain oleh para pemenang penghargaan bergengsi arsitektur Pritzker Prize. Mereka tergolong starchitect alias arsitek berkelas. Sementara 33 sisanya belum pernah memenangkan, meski begitu mereka sudah memiliki reputasi.

Penghargaan Pritzker Prize merupakan award tertinggi di bidang arsitektur. Penghargaan ini diberikan sejak 1979.

Baca juga:  Tiga Arsitek Spanyol Meraih Penghargaan Bergengsi Arsitektur Pritzker Prize 2017

Analisis CityRealty menyatakan kalau pembeli membayar rata USD 3.238 (Rp45 juta) per kaki persegi untuk apartemen yang didesain oleh arsitek pemenang Pritzker Prize. Hmm, kira-kira hampir USD 10.000 (Rp141 juta) per meter persegi.

Bandingkan harganya dengan apartemen yang dirancang oleh arsitek non pemenang. Harganya hanya USD 2.599 (Rp36 juta) per kaki persegi. Kira-kira harganya mencapai USD 7.500 (Rp106 juta) permeter persegi.

Baca juga:  Desain Arsitektur Indah dan Puitis Antarkan RCR Arquitectes Raih Pritzker Prize 2017

“Semua ini menunjukkan kalau ada properti premium yang mau dibayarkan oleh pembeli dalam bangunan yang didesain oleh starchitect,” ujar Director of Research CityRealty, Gabby Warshawer kepada Mansion Global.

Warshawer melanjutkan kalau bangunan karya arsitek ternama bisa mendominasi pasar properti mewah. CityRealty juga membuat daftar yang mencakup 37 bangunan yang didesain oleh arsitek ternama.

Baca juga:  Apa Sih Penghargaan Bergengsi Arsitektur Pritzker Prize?

Hmm, buat kamu yang sedang berinvestasi properti, mungkin hal ini bisa jadi pertimbangan untuk investasi. Okelah, hal ini memang terjadi di Amerika Serikat.

Tetapi, nggak ada salahnya untuk mencari tahu. Siapa tahu pembeli properti di Indonesia tertarik bayar lebih mahal kalau rumah atau apartemen didesain oleh arsitek ngetop.

Baca juga:  Wow, Inilah Bangunan-bangunan Keren yang Didesain Pemenang Pritzker Prize 2017

Apartemen Mewah yang Didesain oleh Arsitek Ternama yang Memenangkan Pritzker Prize Ternyata Diburu Para Pembeli Kalangan Super Kaya (Rumah123/Archdaily)
Bagikan: 455 kali