Studio Arsitek Asal Portugal, Fala Atelier Mengubah Pabril Menjadi Hunian yang Layak (Foto: Rumah123/Designboom)

Alih fungsi bangunan sebenarnya hal biasa terutama di luar negeri. Banyak bangunan tua seperti pabrik yang diubah menjadi hunian yang layak.

Biro arsitek asal Portugal, Fala Atelier mendesain ulang sebuah bangunan tua menjadi hunian yang layak dan terjangkau. Hunian ini bernama Abragao Penafiel.

Arsitek merancang bangunan ini tetap pada konteksnya. Hunian ini mempunyai ciri khas arsitektur gaya industrial.

Baca juga: Mau Desain Rumah Punya Beragam Fungsi? Nah, Coba Lihat Rumah Ini

Hal ini bisa terlihat dalam beberapa bagian. Salah satunya tangga. Arsitek membiarkan bagian ini apa adanya, tanpa dipoles, sehingga terlihat beton ekspos.

Sementara bagian luarnya tidak terlalu banyak diubah. Arsitek tetap mempertahankan fasad. Namun, ada beberapa penambahan seperti jendela.

Bangunan ini mempunyai tiga lantai. Setiap lantainya memiliki dua apartemen dengan standar yang layak.

Baca juga: Kantor Bank Beralih Fungsi Jadi Kantor Arsitek, Luar Biasa Kan?

Fala Atelier mendesain hunian ini memiliki konsep terbuka atau open space sehingga terlihat lapang. Arsitek juga mengaplikasikan warna putih pada dinding dan plafon. Hal ini membuat ruangan terkesan luas.

Salah satu tantangan dalam mendesain bangunan bekas pabrik adalah arsitek harus menyiasati bagian yang dulunya berisi mesin pabrik. Arsitek juga harus memasang penyangga dalam bangunan dan mengubahnya menjadi ruangan yang lebih kecil.

Hmm, ternyata bisa juga ya kalau bangunan berupa pabrik bisa diubah menjadi hunian. Kamu tertarik juga nggak tinggal di dalam bangunan seperti ini?

Baca juga: Lumbung Gandum Beralih Fungsi Menjadi Rumah Tinggal, Kenapa Ga Bisa?

Arsitek Tetap Mempertahankan Beberapa Bagian dalam Pabrik Sehingga Hunian Bergaya Industrial (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 635 kali