LRT Jabodebek- Rumah123.com Suasana Terminal Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat. Terminal Ini Akan Menjadi Bagian Dari Rencana Stasiun Akhir LRT (Light Rail Transit) Jabodebek. Fase I LRT Jabodebek Diproyeksikan Beroperasi Pada 2020 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Terminal Baranangsiang yang berada di Bogor, Jawa Barat akan menjadi stasiun akhir LRT Jabodebek. Nantinya, Bogor juga akan memiliki jaringan LRT.

Pemerintah Kota Bogor dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah sepakat akan membangun stasiun akhir LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) Jabodebek (Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi) di Terminal Baranangsiang, Bogor.

Rencana pembangunan stasiun akhir LRT ini diharapkan bisa bersamaan dengan revitalisasi Terminal Baranangsiang. Terminal ini sudah ada sejak 1974 lalu. Saat ini, kondisi terminal terbesar di Bogor ini memang dikenal semrawut.

Baca juga: LRT Jakarta Terhubung dengan Rute Jak Lingko, Di Stasiun Mana Saja Ya?

Situs berita online Kompas.com mengutip pernyataan Kepala BPTJ, Bambang Prihartono menyatakan bahwa pemerintah pusat memang sengaja membangun stasiun akhir LRT Jabodebek di wilayah Baranangsiang guna mempermudah masyarakat untuk mengakses transportasi umum.

Nantinya, Terminal Baranangsiang masih ada. Rencananya, memang ada sinergi pembangunan stasiun LRT Jabodebek dan Terminal Baranangsiang.

BPTJ dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah memikirkan transportasi lanjutan LRT di dalam kota. Penataan ini akan memudahkan penumpang LRT Jabobedek dalam melanjutkan perjalanan setelah menggunakan kereta ringan ini.

Bogor Akan Koneksikan LRT Jabodebek dengan Trem

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menyatakan Terminal Baranangsiang dipilih lantaran sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 49 tahun 2017. Peraturan ini yang menentukan wilayah ini sebagai lokasi strategis untuk stasiun akhir LRT Jabodebek.

Selain itu, pemerintah pusat berencana membangun depo dan juga TOD (Transit Oriented Development) di kawasan Selawi dan Kampung Sawah. Dedie memaparkan ada pembagian beban antar kawasan. Nantinya, juga ada park and ride sebelum stasiun akhir di Terminal Baranangsiang.

Rencana masuknya LRT ke Bogor akan dikoneksikan dengan sistem transportasi lainnya. Pemkot juga berencana untuk membuat tram away yang melintasi Kebun Raya Bogor.

Pemkot Bogor mendapatkan hibah trem dari Pemerintah Belanda. Ada rencana menyambungkan LRT dengan trem. Rencananya, trem ini akan dikirim dari Belanda pada 2020 mendatang.

Pembangunan LRT Jabodebek Sampai di Bogor Pada 2020

Situs berita online Detik.com pernah mengutip pernyataan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang mengatakan bahwa pembangunan LRT Jabodebek akan sampai ke Bogor pada 2020 mendatang. Saat ini, LRT Jabodebak baru sampai di Cibubur.

Pembangunan LRT Jabodebek sekarang meliputi tiga rute yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur. LRT Jabodebek direncanakan beroperasi pada 2021 mendatang.

Budi juga sempat menyatakan nantinya LRT akan dibangun di Bogor dalam skala lebih kecil. Transportasi massal ini akan membantu mobilitas masyarakat.

Masyarakat yang tinggal di Bogor dan sekitarnya masih mengandalkan transportasi massal Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line. Kereta listrik ini dianggap belum bisa mengakomodasi kebutuhan transportasi masyarakat karena keterbatasan rute. Commuter line baru bisa mengakut 1,2 juta penumpang.

Kumparan.com melansir pernyataan Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata yang mengatakan bahwa PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang membangun LRT Jabodedek, berencana untuk jalur LRT Cibubur-Bogor tidak secara layang atau elevated.

Pembangunan jalur LRT secara elevated dinilai mahal. Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai biaya pembangunan LRT sangat mahal.

Pundjung menyatakan membangun jalur rel LRT di atas tanah atau on grid untuk rute Cibubur-Bogor memang masih dimungkinkan karena ketersediaan lahan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pemilik lahan untuk mewujudkan hal tersebut.

Baca juga: Naik LRT Jakarta Dapat Gunakan Kartu Uang Elektronik dari 5 Bank

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi 2021, Sudah Punya Rumah di Cibubur Atau Bekasi?

Bagikan: 2623 kali