OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Teralis Aman Ga Berarti Jadi Jeruji Penjara, Kan!

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Vriana Indriasari

Jendela berdesain modern minimalis, jika dipadukan dengan dinding bernuansa alami akan menghasilkan karya seni yang luar biasa. Sekilas, tampak sederhana, namun juga sedap dipandang mata. (Foto: istockphoto)

Foto: Rumah123/iStock

Ingin rumah aman dengan menggunakan teralis? Hati-hati ya, jangan sampai teralis justru merusak penampilan rumah kamu.

Ya, kondisi keamanan saat ini terbilang terus mengalami peningkatan, baik dari sisi jumlah, pun polanya. Tak pelak, teralis menjadi salah satu kebutuhan penunjang keamanan rumah.

Tau ga kamu, kalau teralis aman juga tidak bisa asal pilih dan pasang. Belum lagi faktor keindahan rumah yang juga penting dipertimbangkan.

Nih, catat poin-poin penting agar rumah berteralismu tetap cantik dan pastinya aman.

Padankan dengan Desain Rumah

Kamu sudah memiliki desain rumah idamanmu? Jangan rusak desain itu dengan teralis yang tak sesuai, ya!

Minta pembuat teralis memperlihatkan contoh desain yang bisa mereka buat. Pilih yang sesuai.

Jangan ragu untuk mencari pembanding dengan pembuat teralis lainnya. Teralis dengan desain tepat, mampu meningkatkan karakter jendela sehingga pesonanya lebih tampak.

Misalnya, jika kamu berniat membangun rumah klasik, maka pilih teralis senada. Untuk rumah klasik, teralis berbentuk rumit dengan perpaduan warna cokelat tua dan emas sangatlah tepat.

Baca juga: Bersih-bersih Jendela Rumah

Hindari Desain Jeruji Penjara

Maksud hati sih ingin desain yang sederhana, eh malah mirip penjara. Jangan dong, ya!

Hindari deh desain kaku. Teralis seperti ini lebih mirip jeruji penjara. Banyak kok desain yang tidak rumit, namun tetap mengusung kesan sederhana.

Utamakan Aspek Keamanan

Ingat ya, fungsi utama teralis adalah menutup jalur jendela agar tidak bisa disusupi orang asing. Jadi, ini jangan juga terlupakan.

Catatan penting adalah maksimal jarak aman antar jeruji teralis adalah 30 cm. Lebih dari itu, ruang yang tercipta di sela-sela besi dapat disusupi orang, meski harus bersusah payah.

Di pasaran, produk teralis ini dijual terpisah dengan kusen dan jendela. Biasanya, pemasangan teralis dilakukan dengan menempelkannya ke kusen jendela memakai bantuan baut.

Di sini bisa jadi sisi kelemahan teralis. Baut bisa dicongkel dari luar sehingga teralis bisa dilepas dengan mudah.

Menghindari hal ini, pilih model teralis yang letak dan pemasangan bautnya tersembunyi. Bisa juga dengan meminta bantuan tukang untuk menanamkan besi-besi teralis tersebut pada kusen jendela.


Tag: , , , , , ,