Punya rencana berpergian ke luar kota dalam waktu dekat? Siapkan surat keterangan bebas COVID-19 yang bisa kamu dapat di berbagai tempat rapid test berikut!

rapid test

Di saat pandemi COVID-19 melanda, protokol kesehatan baru telah diterapkan oleh pemerintah untuk memperlambat penyebaran virus dengan tingkat infeksi tinggi tersebut. 

Paling umum ditemukan adalah pemeriksaan suhu tubuh yang wajib dilakukan di hampir setiap tempat umum dan fasilitas layanan publik. 

Bukan hanya pengecekan suhu tubuh saja, Kementerian Perhubungan mengeluarkan peraturan baru.

Mereka mewajibkan perjalanan antara daerah baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk menyertakan surat keterangan bebas COVID-19. 

Khususnya jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan keluar dan masuk ke daerah Jabodetabek untuk pergi dan kembali dari wilayah lain. 

Surat keterangan sehat dan terbebas dari COVID-19 dapat disertakan dari uji skrining awal.

Seperti rapid test atau polymerase chain reaction (PCR) yang tersedia di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya. 

Sementara untuk kamu yang berada di daerah terpencil yang tidak memiliki akses salah satu dari dua tes tersebut, maka bisa digantikan dengan keterangan bebas influenza dan penyakit pernapasan yang dibuat oleh dokter atau dari Puskesmas. 

Sementara para warga ibukota harus membawa surat bukti rapid test atau PCR yang menunjukkan hasil negatif sebagai prasyarat perjalanan ke luar Jabodetabek. 

Apa Itu Rapid Test? 

Buat kamu yang belum tahu, rapid test adalah uji kesehatan dengan menggunakan sampel darah yang bertujuan untuk mengetahui keberadaan virus dalam tubuh.

Prosesnya sendiri sederhana, dengan menggunakan pen lancet untuk menusuk jari, lalu darah yang keluar akan diteteskan ke alat yang berbentuk strip kecil. 

Lalu dalam kurun waktu 15-20 menit, hasilnya akan menunjukkan jika dalam darah ditemukan antibodi yang merupakan tanda bahwa tubuh telah terinfeksi virus. 

Metode ini jauh lebih cepat dibanding PCR yang membutuhkan waktu hingga berjam-jam sampai beberapa hari untuk melihat hasilnya. 

Tempat Rapid Test Termurah  

Jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan jarak menengah atau panjang ke luar kota, khusus dengan tujuan ke Jabodetabek atau area merah lainnya di Indonesia, maka surat hasil rapid kit atau PCR wajib dikantongi terlebih dahulu. 

Sekarang sudah banyak tempat penyedia layanan tes ini yang disediakan oleh pihak swasta maupun hasil kerja sama dengan pemerintah. 

Harga rapid test juga bervariatif dengan batas maksimal yang sudah ditetap oleh Kementerian Kesehatan adalah sebesar Rp150.000. 

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Libur Nasional 2020 Hasil Revisi Terbaru

Garuda Indonesia dan Citilink 

Sebagai maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia dan anak perusahaannya, Citilink sudah menyediakan rapid test yang bisa digunakan oleh para pelanggan setelah pembelian tiket. 

Khusus untuk Citilink sendiri kamu bisa mendapatkannya secara gratis untuk penerbangan tertentu tanpa harus melakukan pembelian terpisah. 

Garuda Indonesia menawarkan paket yang cukup mahal dengan harga mulai Rp315.000 untuk pemegang kartu Garuda Miles Platinum. 

Lion Group (Lion Air, Batik Air, dan Wings Air)

Jadi salah satu yang pertama menyediakan fasilitas tes IgM dan IgG rapid kit dengan biaya murah Rp95.000 untuk pembelian tiket penerbangan Batik, Lion, maupun Wing Air. 

Lokasi tempat tesnya sendiri tak hanya di Jakarta saja, tapi juga di berbagai cabang kota besar di Indonesia lainnya. 

Baca juga: Daftar UMR Jakarta dan Seluruh Provinsi Indonesia di 2020 | Jangan Mau Digaji Lebih Rendah!

Kereta Api Indonesia (KAI)

Bagi para pengguna layanan kereta api, pihak KAI sudah menyediakan pusat tes untuk mendapatkan surat keterangan bebas COVID-19 seharga Rp85.000. 

Untuk saat ini layanan rapid test di stasiun baru tersedia di lokasi berikut: 

- Stasiun Gambir 

- Stasiun Pasar Senen 

- Stasiun Bandung 

- Stasiun Cirebon 

- Stasiun Semarang Tawang 

- Stasiun Purwokerto 

- Stasiun Yogyakarta 

- Stasiun Solo Balapan 

- Stasiun Madiun 

- Stasiun Surabaya Gubeng 

- Stasiun Surabaya Pasar Turi 

- Stasiun Malang

Drive Thru Rapid Test

Guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang ingin melakukan tes tanpa harus berdesakan atau antri, banyak rumah sakit dan klinik yang membuka layanan drive thru

Kamu cukup datang dengan menggunakan kendaraan tanpa harus masuk ke dalam bangunan rumah sakit atau klinik, persis sama saat lagi memesan makanan di restoran cepat saji. 

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untukmu. 

Temukan rubik dan kabar terbaru di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
1083 kali