Desainer Nathalie Harb Mendesain Ruang Publik Memanfaatkan Lahan Parkir (Rumah123/Dezeen)

Bagi yang tinggal di kota besar, jadi hal biasa kalau nggak punya ruang publik. Bangunan memenuhi setiap jengkal tanah. Namun, desainer interior dan arsitek berinisiatif untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk ruang publik.

Desainer interior asal Lebanon, Nathalie Harb merancang sebuah ruang publik dengan memanfaatkan lahan parkir. Dia membangun modular shelter atau bangunan semi permanen.

Baca juga: Ruang Publik Ini Didesain Atasi Cuaca Dingin, Nah Ini Baru Keren

Bangunan ini menaungi mobil yang parkir di bawahnya. Sementara bagian atasnya dapat digunakan sebagai taman.

Sejumlah tanaman berukuran sedang ditanam di atasnya. Ada tangga yang dipasang untuk menuju bagian atas. Bangunan ini ditopang oleh sejumlah tiang besi.

Baca juga: Asyiknya, Kalau Punya Banyak Ruang Publik!

Sementara bagian sisi kanan kiri dibiarkan terbuka. Ada bagian yang dipasang papan, ya mirip untuk area majalah dinding.

Area ini selain menjadi taman, juga bisa dipergunakan sebagai area duduk dan berkumpul. Ada bangku yang dipasang.

Baca juga: Kalau Punya Banyak Ruang Publik, Kamu Bisa Bermain dan Berkumpul Bersama

Harb mendesain bangunan semi permanen ini karena kota tempat dia tinggal, Beirut kekurangan ruang publik. Dia merancang ruang publik yang memenuhi semuanya. Ada area hijau dan tempat berkumpul.

Wah, menarik juga ya ide untuk memanfaatkan lapangan parkir. Jika ada lahan parkir yang terbuka, bagian atasnya dapat dipakai untuk taman dan ruang bersosialisasi ya. Kalau Jakarta sendiri kekurangan ruang publik nggak ya?

Bagikan: 1062 kali