Wonderland yang Didesain oleh Biro Arsitek MAD (Rumah123/Dezeen)

Bentuknya memang unik, seperti kepala kelinci yang besar. Ukurannya mencapai 6,5 meter persegi.  Materialnya terbuat dari balon yang besar.

Bagian tengah paviliun ini kosong dan dapat digunakan oleh anak-anak yang ingin bermain. Pada sisi kanan dan kiri, ada telinga yang cukup lebar.

Baca juga: Atasi Banjir dengan Desain Rumah Terbuka dan Bertingkat, Mau Nyontek Ga?

Tidak hanya itu, ruang publik ini masih bisa dimanfaatkan ketika malam hari. Interior dari paviliun ini memiliki lampu.

Hal ini membuat anak-anak yang ingin bermain tetap bisa nyaman meski pada malam hari. Selain itu, paviliun pun terlihat keren ketika malam tiba.

Baca juga: Lapangan Basket Warna Warni? Nah, Begini Desain Ruang Publik yang Keren

Paviliun ini merupakan ruang publik anak. Biro arsitek ternama asal China, MAD mendesainnya dan menempatkannya di kawasan Hutong, dekat Kuil Lama di ibu kota China, Beijing.

Biro arsitek ini didirikan oleh arsitek senior Ma Yansong. Paviliun ini didirikan terkait dengan penyelenggaraan Beijing Design Week 2017.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

MAD menamakan paviliun ini dengan nama Wonderland. Wonderland didesain untuk menyediakan ruang publik bagi anak-anak untuk bertemu dan bermain bersama.

“Melalui bentuk kelinci, Wonderland membawa semangat kebebasan dan rasa eksentrik untuk kawasan kota tua ini. Rasa ingin selalu bermain membuat orang bisa rehat sejenak dari realita,” ujar Ma Yansong seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

Baca juga: Lahan Terbatas? Siasati dengan Pintu Geser! Gampang Kan?

“Dikelilingi oleh dinding yang lembut, di bawah langit biru dan pohon yang hijau, anak-anak bisa bermain, bermimpi, dan mewujudkan fantasi negeri impian mereka, dalam mengejar kebahagiaan,” lanjut Ma Yansong.

Wah, keren ya kalau banyak ruang publik yang ramah anak. Di Jakarta sudah mulai banyak dibangun ruang publik seperti ini lho.

Baca juga: Yuk, Bikin Taman dalam Rumah Biar Suasana Semakin Sejuk

Banyak manfaatnya lho kalau anak-anak bisa memiliki ruang bermain yang ramah terhadap mereka. Mereka bisa menghabiskan waktu untuk bermain bersama dan tidak selalu berkutat dengan gawai (gadget).

Nah, buat kamu yang sudah punya anak atau punya keponakan, ajak dong mereka bermain di luar. Main apa saja, bermain sepak bola, bulu tangkis, berlari, apa saja deh.

Bagikan: 1482 kali