Teko air Sumber : Shutterstock

Teko air merupakan salah satu perlengkapan perkakas rumah yang pastinya wajib digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Sebab, teko air kerap digunakan dalam berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari masak air panas untuk mandi sekalipun digunakan untuk minum teh maupun kopi.

Oleh sebab itu, kebersihan ceret air maupun ketel listrik harus menjadi perhatian penting, sekalipun terhindar dari kerak air.

Untuk diketahui, kerak air yang membandel pada teko menjadi hal yang cukup sensitif dan berpengaruh terhadap proses perebusan air.

Meski kamu sudah membilasnya setelah menyeduh, namun kerak pada teko air masih kerap membandel sehingga perlu perhatian ekstra.

Lantas, seperti apa cara membersihkan teko air supaya tidak mudah berkerak? Simak pembahasannya bersama-sama!

Cara membersihkan teko air dengan mudah melalui beberapa langkah berikut ini

Timbunan kerak air di dalam teko cenderung sulit dihilangkan hanya bermodalkan menggosoknya seperti biasa, sehingga perlu perhatian secara mendetail. 

Kamu pun bisa melakukan beberapa jenis pendekatan sebagai berikut : 

1.  Membersihkan kerak air dengan cuka putih 

Cuka dapur putih Sumber : Google

Cara tradisional yang kerap dilakukan adalah menuangkan cuka putih pada bagian yang berkerak dengan ketentuan yang sudah disesuaikan pada komposisi ceret air.

Setelah disesuaikan dengan komposisi cuka dan cairan air, kamu pun bisa merendam bagian dalam ceret air selama satu jam. 

Setelah dipanaskan dan mendidih, bilas ceret dengan air biasa untuk membuang noda dan kerak secara merata. 

2.  Gunakan Perasan Air Lemon pada teko pemanas air 

Air lemon Sumber : Google

Selain menggunakan cuka dapur, kamu pun bisa menggunakan perasan air lemon untuk membersihkan kerak air. 

Meski sama-sama memiliki zat asam yang kuat, penggunaan perasan air lemon cenderung lebih organik, sekalipun lebih alami dibandingkan cuka dapur.

Tak hanya menghilangkan kerak di dalam teko saja, air lemon juga dapat  menghilangkan kapur dari dalam cerek yang mempunyai bau membekas.

Bisa dikatakan, penggunaan perasan air lemon selain lebih alami, juga mempunyai tekstur yang lembut dan segar.

3.  Sabun Pencuci Piring untuk Ketel Listrik 

Alat pencuci piring Sumber : Google

Penggunaan sabun pencuci kerap menjadi salah satu solusi yang banyak digunakan untuk membersihkan teko yang membekas dengan berbagai kerak-kerak membandel.

Meski demikian, sebelum kamu menggunakan sabun pembersih, ada baiknya jika kamu sudah membaca dengan seksama petunjuk yang tertera.

Encerkan dulu produk pembersih kerak tersebut dengan air, kemudian tuangkan pada cerek, Kemudian rebus larutan air tersebut dalam cerek hingga mendidih.

Biarkan larutan tersebut merendam bagian yang berkerak. Diamkan beberapa saat, lalu bilaslah dengan air kembali dengan bersih.

4.  Soda Kue untuk membersihkan Kerak Air 

Soda kue Sumber : Google

Kamu pun bisa membersihkan kerak air pada teko dengan soda kue, sekalipun menjadi solusi terbaik yang digunakan di rumah.

Teknik pembersihan yang bisa kamu lakukan adalah mengisi teko air berkerak, lalu nyalakan kompor dan air pun dibiarkan mendidih.

Kikis sebanyak mungkin kerak yang membandel dari sisa makanan yang terbakar dengan sendok kayu kemudian didihkan.

Setelah itu, taburkan baking soda ke dasar loyang dan tambahkan air kembali, dan gosok kembali dengan sendok kayu.

5. Hidrogen Peroksida 

Hidrogen Peroksida Sumber : Google

Penggunaan Hidrogen Peroksida bisa menjadi referensi terbaik yang bisa kamu aplikasikan untuk membersihkan kerak air di dalam teko.

Cara mudahnya adalah memanaskan panci dan didihkan terlebih dahulu, kurang lebih selama hampir 10 menit.

Setelah didihkan, kamu pun bisa menambahkan hidrogen peroksida ke dalam teko air dan digosok sesuai kebutuhan.

6. Obat Pembersih Kerak jika ada zat Kapur pada ceret air 

Obat pembersih kerak Sumber : Google

Selain menggunakan sabun cuci tangan, kini sudah banyak ditemukan di pasaran obat pembersih kerak tanpa merusak ceret air.

Tak hanya digunakan untuk teko maupun ceret air biasa, obat pembersih ini juga aman digunakan untuk ketel listrik supaya berfungsi secara maksimal.

Kamu pun cukup mengencerkan produk pembersih kerak pada ceret, kemudian dipanaskan untuk beberapa saat sehingga merendam bagian dalam ceret air.

Jika sudah terendam dalam tempo sepuluh menit, kamu pun dapat membilasnya kembali dan noda kerak membandel pun hilang seketika.

Setelah beberapa cara pembersihan tersebut dilakukan, kamu pun bisa membersihkan bagian luar teko dengan semprotan pembersih dapur dan kain lap lembut yang tidak menggores. 

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan teko air dari berbagai kerak membandel di dalam isiannya.

Temukan referensi mengenai kebutuhan rumah tangga, selengkapnya di rumah123.

"Yuk cari tahu rumah idaman dengan suasana Eropa klasik bersama Alesha House at Vanya Park BSD City."

Bagikan:
4030 kali