Tahun 1970 merupakan tonggak sejarah perkembangan batik di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, Ali Sadikin, mendeklarasikan kemeja batik lengan panjang sebagai busana resmi laki-laki di Jakarta.

Batik telah dibuat di Jakarta sejak abad ke-18. Berbeda dengan pembuatan batik zaman dulu yang melalui prosedur rumit, batik-batik yang diproduksi saat ini lebih bersifat komersial. Batik masa kini mengutamakan kecepatan produksi dengan prosedur yang sederhana.

Rangkuman sejarah itulah yang tergambar dalam pameran batik dengan tema “Perkembangan Batik Jakarta” di Museum Tekstil, Jakarta Barat .

Beragam jenis kain batik, di antaranya: Batik Palbatu, Batik Setu Babakan, Batik Tarogong, Batik Marunda, yang terinspirasi flora, fauna, dan ikon Kota Jakarta, bisa kita saksikan dalam pameran ini.

Bukan hanya buatan Jakarta, buatan daerah Jawa yang lainnya pun dihadirkan. Selain untuk melestarikan kain batik, pameran yang diadakan hingga 6 Juli 2018 tersebut juga bertujuan untuk memeriahkan HUT DKI Jakarta  ke-491.

Foto -Fotodan Teks: Jhony Hutapea/Rumah123

Bagikan:
1008 kali