Concept of a new residential block in the new location. Buildings doodled on a real meadow

Nama Tangerang kian berkibar dari hari  ke hari di dunia properti. Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan kota ini secara statistik properti melebihi Bogor, Depok, dan Bekasi.

Pengamat ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyatakan bahwa wilayah Tangerang lebih cepat berkembang dari sisi bisnis properti dan menguntungkan bagi investor.

Ada beberapa alasan mengapa wilayah Tangerang dan sekitarnya begitu bertumbuh dan berkembang. Pertama, disebabkan oleh kelompok urban lebih besar dibandingkan wilayah lain.

Kedua, wilayah Ibu kota Jakarta kini sudah sedemikian sumpek dan mahal pula harga tanahnya. Jadi, tak menarik lagi bagi kalangan swasta yang ingin bermain di bidang properti.

Ketiga, akses menuju Tangerang yang semakin mudah. Selain adanya bandara, juga ada rencana pengembangan Jalan Perancis menjadi jalan arteri dengan empat jalur kendaraan yang menghubungkan Pantai Indah Kapuk – Bandara Soekarno-Hatta – Tangerang.

Baca juga: Tangerang Wilayah Penyangga Favorit

Semua hal tersebut berdampak pada harga tanah di Tangerang jadi yang paling tinggi dibandingkan daerah penyangga Ibu kota yang lainnya.

Bisnis properti yang menarik untuk dikembangkan di wilayah ini, menurut Dahnil,  yakni properti kelas medium dan premium, katakanlah ruko dan perkantoran.

"Jakarta sudah sumpek. Kalau melihat efisiensinya, pergeseran pertumbuhan ekonomi ke Tangerang akan lebih menguntungkan, nilai investasinya juga cepat," kata Dahnil seperti dikutip dari Okezone.com.

Banyak pengembang yang kini melirik potensi dan peluang bisnis properti di Tangerang. Ada Grand Dadap City yang kini menggenjot penjualan propertinya melalui sejumlah promo.

"Saat ini, secara keseluruhan, penjualan Tower Emerald, Saphir, dan Ruby sudah mencapai 50 persen. Angka ini kami yakini akan terus meningkat seiring dengan perkembangan daerah barat Jakarta," kata Hadi Wanto, Head of Marketing Communication Grand Dadap City.

Bagikan: 2092 kali