Indonesia kembali dibuat bangga. Sprinter asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, Lalu Muhammad Zohri, kembali menorehkan prestasi. Zohri lolos limit kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 usai membukukan 10,03 detik dalam final nomor 100 meter pada Seiko GP di Osaka pada Minggu 19 Mei 2019 kemarin.

Nama Zohri memang dikenal sering mengharumkan nama bangsa. Sebelumnya, Zohri sempat memenangkan Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia pada 2018. Sebagai hadiah apresiasi, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melakukan renovasi menyeluruh terhadap rumah Zohri yang terletak di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rumah masa kecil Zohri, bisa dikategorikan tidak layak huni. Atapnya nampak rapuh dan lemari pakaian pun terlihat seadanya. Kira-kira, seperti inilah penampakan rumah Zohri sebelum direnovasi.

Baca juga: 9 Gambar Sebelum dan Sesudah Renovasi Rumah Ini Bikin Ngiler!
rumah zohri - rumah123.com Sumber: pu.go.id

Walaupun pemerintah menawarkan untuk merenovasi rumah Zohri, keluarga Zohri berpesan bahwa rumah tersebut boleh direnovasi, asal tidak mengubah bentuk aslinya. Sebab, rumah tersebut merupakan peninggalan keluarganya.

Akhirnya, renovasi rumah asli Zohri dilakukan bersama-sama dengan TNI dan Polri dengan total biaya sebesar Rp 30 juta.

rumah zohri - rumah123.com Sumber: hidayatullah.com

Rumah Zohri yang telah selesai direnovasi tersebut kini terlihat dengan tampilan dinding kayu dengan warna coklat kilap, sehingga tampak Indah dipandang. Rumah berukuran 5x7 meter tersebut dilengkapi dengan satu kamar tidur, dapur kecil, kamar mandi dan ruang tamu di depan. Bentuknya hampir sama persis dengan rumah lama Zohri yang belum direnovasi.

Namun demikian, pemerintah juga berencana untuk melakukan pembangunan rumah baru untuk Zohri. Rumah baru Zohri tersebut dibangun di atas lahan seluas 500 meter persegi di Dusun Telaga Wareng, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Lokasinya hanya berjarak sekitar 1,5 km dari rumah lama Zohri yang direnovasi.

Baca juga: Renovasi Rumah dengan Bujet Hanya Rp 4 Jutaan, Kata Siapa Gak Bisa?

rumah zohri - rumah123.com

Rumah tersebut dibangun dengan tipe bangunan seluas 60 meter persegi terdiri dari halaman depan dan samping, ruang tamu, dapur, toilet, dan tiga kamar tidur.

Pembangunannya menggunakan dana APBN tahun 2018 sebesar Rp. 591 juta yang dilaksanakan oleh kontraktor CV. Rekan Utama pada bulan Oktober hingga selesai pada Desember 2018.

Selain bangunan utama, pemerintah juga membangun bangunan pelengkap yang merupakan fasilitas musala dan tempat olahraga.

Setelah mengharumkan nama bangsa di kancah dunia, tentu saja Lalu Muhammad Zohri pantas untuk mendapatkan keistimewaan seperti itu. Kebaikan memang datang dari rumah, maka dari itu, semoga kamu terinspirasi ya!

Bagikan: 1743 kali