tanaman pot lidah mertua Ilustrasi: Rumah123/iStock

Kehadiran taman atau tanaman di hunianmu tentunya penting. Selain sebagai elemen interior yang menarik, juga menghidupkan ruangan.

Bila kamu tak punya lahan yang cukup untuk membuat taman, manfaatkan saja sedikit ruang tersisa di manapun di bagian hunianmu untuk menempatkan tanaman.

Hal berikut ini sebaiknya kamu perhatikan, jika kamu ingin menempatkan tanaman atau membuat taman dalam hunianmu:

Pilih Tanaman yang Tepat

Tak semua jenis tanaman cocok ditempatkan atau ditanam dalam ruangan. Maka, pilihlah tanaman yang tak rakus cahaya matahari seperti suplir dan kuping gajah. Pilih juga tanaman berbunga agar bisa menambah segar suasana.

Baca juga: Sukses Rawat Tanaman di Apartemen

Peduli Suhu Ruangan

Perhatikan suhu ruangan, jangan terlalu dingin dan jangan pula terlalu panas. Sesekali bawalah tanaman keluar ruangan untuk mendapatkan sedikit sinar matahari, semisal dua minggu sekali. Atau bisa juga dengan menggantinya dengan tanaman lain secara bergiliran.

Gunakan Pot  yang Lebih Besar

Pilih pot yang ukurannya lebih besar, periksa bahwa drainasenya cukup baik. Pot berbahan plastik adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kelembapan dan suhu media tanam seperti tanah atau tanah liat yang punya pori-pori untuk mengeluarkan air yang berlebih. Tambahkan “topping” berupa batu hias ataupun pasir di atas media tanam pot, sehingga terlihat rapi.

Baca juga: Lahan Terbatas, Yuk Bikin Taman Kering!

Rutin Memberi Pupuk

Pupuk bisa menyuburkan dan meyehatkan tanaman. Maka berilah tanamanmu pupuk secara berkala. Namun, berhati-hatilah, beberapa pupuk justru dapat mengundang serangga masuk ke hunianmu. Lebih-lebih saat musim kemarau. Coba kamu gunakan saja pupuk larut yang dapat digunakan baik saat musim kemarau maupun musim hujan.

Bagikan:
1412 kali