Sebuah rumah kayu di tepi hutan. Kalau untuk syuting film horor, oke gak? Foto: Rumah123/iStock

Rumah tua, siapa suka? Selain bangunannya kuno, kekuatan bangunannya pun diragukan. Belum lagi, masalah yang satu itu, berhantu, hiii! Siapa berani? Namun, jangan salah lho! Rumah tua bisa punya hoki tersendiri. Contohnya rumah tua yang digunakan untuk syuting film Pengabdi Setan yang lagi ngehits saat ini.

Konon, sejak awal sang sutradara, Joko Anwar, sudah jatuh hati pada rumah tua di kawasan Pengalengan, Bandung, itu. Namun, ia sempat khawatir kalau-kalau rumah ini berbahaya untuk ditempati. “Pas ketemu kondisinya parah banget, bahkan diinjak saja nggak bisa,” katanya seperti dikutip pegipegi.com, Rabu (4/10/2017).

Baca juga: Rumah Tua, Dijual atau Direnovasi?

Akan tetapi, tetap saja pilihan Joko jatuh pada rumah seram tersebut. “Karena begitu lihat denahnya, posisi kamar, tangga, dan segala macam sama kayak di script, jadi nggak (perlu) bongkar ruangan lagi karena sudah benar-benar plek kayak di cerita itu,” kata Joko menambahkan.

Rumah jadul bergaya Eropa yang berdiri di tengah perkebunan teh dengan kabut menyelimutinya itu ternyata memang banyak “story”nya. Mulai dari penampakan sosok meener Belanda di rumah yang katanya dulunya milik orang Belanda itu, sampai penampakan bocah yang berbahasa Belanda. Bahkan, ketika ada orang yang kesurupan di sekitar rumah itu, juga ngocehnya dengan Bahasa Belanda meskipun dia sebenarnya ga bisa bahasa itu.

Baca juga: Meningkatkan Harga Jual Rumah Tua

Meski kuno, rumah Pengabdi Setan punya tongkrongan yang klasik dan gagah. Arsitekturnya menarik bergaya art deco, sebagaimana gaya rumah yang saat ini masih bisa kita jumpai di seputaran kawasan Dago, Kota Bandung.

Rumah bergaya klasik memang menarik untuk tempat syuting. Hal ini pula yang menjadi gagasan awal Junhadi Said Affan ketika menyewakan rumahnya khusus untuk syuting. Rumah Kita Srimanganti, Ciracas, Jakarta Timur, miliknya itu berada di atas lahan seluas 1 hektare dan dibangun pada 1980.  "Awalnya menjadi rumah tinggal, kemudian sekitar tahun 1990-an sudah mulai disewakan untuk syuting," katanya seperti dikutip Kontan.co.id, Senin (6/1/2014).

Baca juga: Mau Tau Kota dengan Harga Sewa Hunian Paling Murah?

Di lahan rumahnya yang terbilang luas itu tersedia mansion dengan 11 ruangan, ada lapangan, dan ada set tempat yang disediakan. Untuk penyewaan lokasi, Junhadi mematok tarif mulai Rp2 juta per hari untuk mansion. Sementara tarif lokasi di luar kamar dibanderol hingga Rp6 juta untuk seluruh tempat. Sistem sewanya bisa harian, bisa pula bulanan.

Contoh lain, rumah bergaya Eropa yang disewakan full furnished. Tepatnya furnished modern classic yg mewah. Plus Swimming Pool di halaman belakang. Rumah ini khusus hanya untuk syuting iklan, film, dan sinetron. Lokasinya di jalan utama Legenda Wisata, Cibubur. Berapa tarif sewanya? Hanya 5jt/hari. Lebih dari lumayan, kan?

Kedua rumah itu memang tergolong rumah mewah, Tapi, rumah tua pun tak kurang diminati penyewa selama terkategori "menarik" seperti rumah Pengabdi Setan itu. Nah, kamu kepikir ga punya rumah khusus disewakan untuk syuting? Kenapa gak? Kali aja rumahmu bisa juga setenar rumah Pengabdi Setan.

 
Bagikan:
2465 kali