Beberapa bahan makanan bisa bertahan seumur hidup - Rumah123.com Beberapa bahan makanan bisa bertahan seumur hidup - Rumah123.com/Getty Images

Pada tahun 2016, terdapat sebanyak 13 juta ton makanan yang terbuang oleh kita setiap tahunnya. Fakta yang mengejutkan bukan? Namun, masih ada fakta lain yang gak kalah bikin kaget.

Ternyata, ada bahan makanan yang bisa bertahan selamanya karena tak memiliki masa kadaluarsa. Apa saja jenis makanan tersebut? Ini dia daftarnya dan siap-siap terkejut lagi karena beberapa di antaranya pasti kamu miliki di rumah. 

Minyak kelapa

Jika kamu tak punya minyak kelapa di rumah, sebaiknya beli paling tidak satu botol untuk persediaan. Selain fungsi minyak kelapa sangat beragam, masa pakainya pun berlangsung seumur hidup!

Dengan catatan, kamu menyimpannya dengan cara yang tepat. Untuk menjaga daya tahan minyak kelapa, hindari menyimpannya di ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Simpan di tempat yang sejuk dan bersih dari jangkauan serangga. Jauhkan pula dari daerah yang mudah terkena percikan air.

Beras

Hampir setiap rumah di Indonesia pasti memiliki beras di dalamnya. Karbohidrat serbaguna ini menjadi makanan utama masyarakat kita. Berita baiknya, beras bisa bertahan selamanya asal disimpan di wadah kedap udara dan terbebas dari debu. 

Kacang polong

Bahan makanan lainnya adalah kacang polong. Dibandingkan kacang polong kalengan yang memiliki masa kadaluarsa, sebaiknya kamu menyetok kacang polong yang dikeringkan terlebih dahulu. Walaupun kamu akan membutuhkan usaha lebih untuk mengeringkannya, kacang polong kering akan lebih sedap ketika dimasak karena memiliki daya serap yang lebih baik. 

Garam

Yang kita tahu, garam memiliki masa pakai yang sangat panjang karena kandungan mineral di dalamnya. Namun ternyata, garam bisa bertahan lebih lama lagi, bahkan hingga seumur hidup. Walaupun rasanya akan berubah karena merupakan zat aditif, garam yang usianya sudah sangat lama tetap bisa dikonsumsi.

Kopi

Berapa lama kamu bisa menyimpan kopi? Pecinta kafein, ada kabar baik untukmu! Berkat sifatnya yang kering, butiran kopi instan akan bertahan selama bertahun-tahun mendatang asal disimpan di tempat kedap udara. Menarik sekali kan?

Cuka

Cuka adalah makanan pokok lain yang bisa Anda andalkan untuk waktu yang lama. Berkat keasamannya, The Vinegar Institute melakukan penelitian dan menegaskan bahwa cuka akan 'tetap tidak berubah dalam waktu yang lama'.

Madu

Tampilan madu memang berubah seiring berjalannya waktu. Teksturnya akan menggumpal dan mengkristal, namun bukan berarti kualitasnya menjadi buruk. Kualitasnya tetaplah sama karena madu bisa bertahan seumur hidup. Untuk mengembalikan tekstur asalnya, coba tempatkan madu ke dalam air panas atau masukkan ke dalam microwave selama 15-20 detik. Madu pun akan kembali ke tekstur awalnya.

Maizena

Mulai dari membuat cilok, capcay, atau makanan dengan tekstur kental, tepung jagung akan selalu digunakan. Kabar baiknya, maizena alias tepung jagung tak memiliki tanggal kadaluarsa dan aman digunakan sejak kamu membelinya hingga tahun-tahun mendatang. 

Kaldu blok

Kaldu blok punya kandungan garam yang sangat tinggi, yang sangat cukup untuk menjaganya dari kerusakan. Walaupun banyak yang bilang kaldu semakin lama semakin berkurang kualitasnya, jangan takut menggunakannya selama apapun setelah pertama kali kaldu tersebut dibeli. Sebab, semuanya masih aman!

Kecap

Suka makanan Cina? Ada kabar baik untuk kamu! Kamu bisa menyimpan botol kecap yang belum dibuka untuk waktu yang sangat lama. Terlebih lagi, bahkan botol yang terbuka bisa tetap bertahan di kulkas selama 2-3 tahun.

Gula

Apabila anggota keluargamu mengurangi asupan gula, bukan berarti kamu tak menyediakannya sama sekali di rumah! Pasok gula secukupnya, dan jangan takut untuk menyimpannya selama mungkin. Sebab, gula tak memiliki batasan waktu penyimpanan!

Bagikan: 5987 kali