Membeli rumah pertama di usia 40-an tentunya membutuhkan pertimbangan yang matang. Sebab, usia ini masuk ke dalam usia tak produktif. Tapi, tak ada kata terlambat. Dengan 3 tips ini kamu bisa kok mewujudkannya!

Membeli rumah pertama di usia 40-an memang menjadi 'lampu merah', tapi tak ada kata terlambat jika kamu mengikuti tips ini- Rumah123.com Membeli rumah pertama di usia 40-an memang menjadi 'lampu merah', tapi tak ada kata terlambat jika kamu mengikuti tips ini. (Rumah123/Getty Images)

Kata perencana keuangan Ligwina Hananto, kalau pada umur 40-an belum punya rumah, boleh dibilang itu ‘lampu merah’. Sebab, salah satu parameter kesiapan masa tua adalah memiliki rumah untuk dihuni saat sudah tidak produktif lagi atau masa pensiun. 

Bayangkan saja, misalnya kamu baru mencicil rumah di usia 40 tahun dengan tenor selama 15 tahun. Artinya, cicilan KPR baru selesai ketika kamu memasuki masa pensiun, yaitu usia 55 tahun. Tentu tak enak kan kalau kamu masih punya tanggung jawab yang berat ketika sudah memasuki usia pensiun?

Tapi tak ada kata terlambat. Membeli rumah pertama di kepala empat bukanlah hal yang tidak mungkin. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan 3 hal ini agar kondisi finansial tetap aman!

Tentukan mau kredit atau tunai

KPR memiliki batasan usia maksimum. Umumnya, untuk karyawan, usia maksimum ketika kredit lunas adalah 55 tahun bagi karyawan. Sedangkan bagi wiraswasta atau profesional, usia maksimumnya adalah 60-65 tahun. Apabila kamu adalah seorang karyawan berusia 40 tahun, artinya tenor maksimal yang bisa didapatkan adalah 15 tahun. 

Coba tanyakan pada dirimu, apakah kondisi finansialmu memungkinkan untuk mencicil dalam jangka waktu tersebut? Supaya lebih ringan, alih-alih mengajukan KPR, mungkin kamu bisa memilih opsi pembayaran cash bertahap. 

Baca juga: Dokumen yang Dibutuhkan dalam Transaksi Jual Beli Rumah Warisan

Pastikan persiapan pensiun sudah matang

Bagi karyawan, kamu harus ingat bahwa masa pensiun datang kurang lebih 15 tahun kemudian. Apakah dengan membeli rumah, masa pensiunmu aman? Atau justru malah minus? Pertimbangkan dengan matang, dan jangan sampai terburu-buru membeli rumah padahal persiapan pensiun belum matang.

Sedangkan untuk pelaku bisnis, pastikan kondisi bisnis sudah bisa memberikan keuntungan secara konsisten. Pastikan juga cashflow bisnis berjalan dengan stabil.

Baca juga: 6 Pertanyaan yang Wajib Diajukan Ke Developer Sebelum Beli Rumah

Pastikan waktunya sudah tepat untuk membeli rumah

Di usia 40-an, tak menutup kemungkinan kamu masih punya tanggungan. Misalnya anak yang masih kuliah atau bahkan lebih kecil lagi usianya. Apabila menurutmu waktunya masih kurang tepat karena masih banyak yang harus dibiayai, kamu bisa menunda untuk membeli rumah. Tapi, jangan lupa untuk menabung sehingga nantinya kamu tak harus mengandalkan uang pensiun saja untuk membeli rumah. 

Bagikan: 2945 kali