Ilustrasi Generasi Milenial (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Generasi milenial sering dituding miring untuk berbagai hal. Namun, jangan salah lho, generasi senior malah bisa belajar pengelolaan keuangan dari kaum milenial.

Situs gaya hidup Moneyish mengungkapkan jika generasi milenial memiliki hal yang dapat dipelajari. Salah satunya adalah soal tabungan pensiun.

Moneyish melansir data dari lembaga keuangan Bankrate.com yang menyatakan kalau satu dari tiga milenial di Amerika Serikat meningkatkan jumlah tabungan pensiunnya pada 2017 lalu.

Baca juga: Mal Fokus Bidik Milenial, Ti Ati Ntar Kamu Gagal Nyicil Rumah Lho

Angka ini jauh lebih tinggi dari kelompok umur lainnya. Generasi X yang lebih tua hanya memiliki persentase 26%, sedangkan generasi Baby Boomers cuma 20%.

Para pekerja profesional di AS memang terbiasa untuk memiliki tabungan pensiun. Kalau di Indonesia, sudah ada BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Pensiun.

Milenial adalah mereka yang lahir pada era awal 1980-an hingga pertengahan 1990-an. Gen X adalah mereka yang lahir pada pertengahan 1960-an hingga awal 1980-an.

Baca juga:  Kalau Milenial Bisa Investasi Properti Seperti Ini Masuk Kelas Kakap Lho

Sedangkan Baby Boomers adalah generasi yang lebih tua lagi. Mereka lahir pada pertengahan 1940-an hingga pertengahan 1960-an.

Meskipun, generasi milenial meningkatkan jumlah tabungan pensiun, namun mereka tetap mementingkan pengalaman dibandingkan kepemilikan sesuatu termasuk rumah. Waduh, kok nggak beli rumah sih?

Delapan dari sepuluh kaum milenial lebih suka punya pengalaman dibandingkan punya barang. Bahkan, Bloomberg melansir jika rata-rata kaum milenial melakukan perjalanan wisata 4,2 kali dalam per tahun. Bandingkan kalau generasi sebelumnya hanya 3 kali per tahun.

Baca juga:  Generasi Milenial Kaya Raya Bidik Investasi Properti di Luar Negeri

Waduh, sayang juga ya kalau tabungan pensiun naik, tetapi kaum milenial tidak juga membeli rumah. Mereka lebih mementingkan pengalaman.

Padahal kalau kamu memiliki rumah, kamu juga bisa menempatkan investasi di keranjang lainnya. Jangan menaruh investasi dalam satu tempat. Setelah berinvestasi tabungan pensiun, seharusnya milenial juga berinvestasi properti.

Investasi properti juga sudah terbukti menguntungkan lho. Sudah banyak terbukti kalau kenaikan harga rumah memang sangat signifikan dalam jangka panjang.

Bagikan: 1825 kali