OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Ini Syarat Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Terbaru Jelang Nataru, Perhatikan Yuk!

14 Nopember 2022 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

kereta api jarak jauh

PT KAI telah menetapkan sejumlah syarat perjalanan kereta api terbaru pada beberapa waktu lalu. Cek persyaratan lengkapnya di sini!

Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka layanan penjualan Kereta Api (KA) jarak jauh yang berlaku sejak 7 November 2022. 

Periode Natal dan Tahun Baru sendiri yang ditetapkan oleh KAI yakni dimulai pada tanggal 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. 

Kepala Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Eva Chairunisa memberi imbauan kepada penumpang untuk memerhatikan syarat perjalanan kereta api terbaru yang berlaku. 

“Saat ini KAI masih menerapkan aturan sesuai ketentuan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022” jelas Eva dikutip dari Kompas.com.

Syarat Terbaru Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

syarat kereta api jarak jauh terbaru

Sumber: Bisnis.com

Berdasarkan SE Kemenhub Nomor 84 Tahun 2022, penumpang KA jarak jauh yang berusia 18 tahun ke atas wajib melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster

Sementara, untuk penumpang dengan usia 6-17 hanya wajib melakukan vaksinasi dosis kedua. 

Berikut adalah syarat lengkap perjalanan kereta api jarak jauh yang wajib disimak. 

Penumpang Berusia 18 Tahun ke Atas

  1. Wajib melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster,
  2. Bagi Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari perjalanan luar negeri wajib melakukan vaksinasi dosis kedua, 
  3. Bagi penumpang yang tidak atau belum melakukan vaksinasi karena alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit.

Penumpang Berusia 6-17 Tahun

  1. Wajib melakukan vaksinasi dosis kedua,
  2. WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri tidak diwajibkan untuk melakukan vaksinasi,
  3. Bagi penumpang yang tidak atau belum melakukan vaksinasi karena alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit.

Penumpang Berusia di Bawah 6 Tahun

  1. Bagi penumpang yang berusia di bawah 6 tahun tidak diwajibkan untuk melakukan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil Rapid Tes Antigen atau RT-PCR,
  2. Penumpang yang berusia di bawah 6 tahun wajib didampingi oleh pendamping yang memenuhi semua syarat perjalanan.

Sebagai informasi, terhitung sejak (12/11/2022) PT KAI telah mencatat penjualan sebanyak 22.000 lembar untuk keberangkatan pada tanggal 22-26 Desember 2022. 

Menurut Eva, penjualan tersebut masih akan terus bertambah mengingat penjualan tiket kereta masih berlangsung melalui layanan online.

Tiket KA sendiri dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, hingga seluruh mitra resmi layanan pemesanan KAI lainnya. 

Untuk tujuan favorit penumpang sendiri di antaranya adalah kota Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Kutoarjo, Surabaya, Malang, Cirebon, Bandung, dan Tegal. 

***

Demikianlah informasi mengenai syarat perjalanan kereta api terbaru.

Bagi Property People yang berencana untuk berpergian ke luar kota dengan layanan kereta api, jangan lupa telah memenuhi semua persyaratan tersebut, ya!

Ingin mengetahui informasi terbaru seputar properti, gaya hidup, hingga tips rumah? Jangan lupa cek selengkapnya di Artikel Rumah123.com, ya!

Kamu juga dapat mengikuti Google News kami untuk mendapatkan berita terbaru.

Property People sedang mencari hunian nyaman seperti di Chelsea Modern Home?

Cari tahu informasinya melalui laman Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA