OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Surabaya Timur, Potensi Baru di Timur Pulau Jawa

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: Dyah Saraswati

Seiring keterbatasan lahan, pusat bisnis ibu kota Jawa Timur diproyeksikan akan bergeser dan tumbuh di area lain, terutama Surabaya Timur.

Seperti dikutip dari Kompas.com, selain menjadi daerah permukiman, Surabaya Timur  tersebut kini telah menjadi lokasi pengembangan infrastruktur yang lengkap, seperti middle east ring road (MERR), mass rapid transit (MRT), serta light rail transit (LRT).

Baca juga: Ada Peningkatan Transaksi Properti di Rumah123.com

MRT tersebut menghubungkan area selatan dan utara Surabata. Sementara, LRT untuk menghubungkan wilayah timur dan barat Surabaya.

Saat ini setidaknya ada tiga proyek gedung perkantoran yang berada di dekat MERR. Ketiga proyek tersebut adalah Puncak Dharmahusada seluas 40.000 meter persegi, One Galaxy seluas 40.000 meter persegi, dan Samator Kedung Buruk atau Samator Skysuites SOHO dengan luas 22.000 meter persegi.

Untuk Puncak Dharmahusada dan One Galaxy hingga saat ini tengah dalam tahap perencanaan. Jika berjalan sesuai rencana, kedua gedung tersebut akan rampung pada 2018 dan 2019. Nantinya, suplai kumulatif perkantoran di Surabaya Timur mencapai 100.000 meter persegi.

Wilayah lain yang terbilang potensial sebagai area bisnis di Surabaya adalah koridor tiga jalan utama, Mayjen Sungkono – HR Muhammad – Darmo.

Ketiga jalan tersebut adalah koridor berkembang dengan potensi cukup baik bagi gedung-gedung komersial bertingkat tinggi. Ketiganya menghubungkan wilayah barat dan selatan Surabaya.

Baca juga: Surabaya Kini Menjadi Sasaran Pengembang

Setidaknya akan ada lima gedung perkantoran dengan luasan area sebesar 128.000 meter persegi. Angka ini setara dengan 73 persen dari total suplai akan datang di barat dan selatan Surabaya selama periode 2016-2018.

Kebanyakan gedung perkantoran tersebut saat ini masih dalam tahap perencanaan. Gedung-gedung tersebut baru akan selesai dibangun setelah 2018.

Untuk diketahui, saat ini Surabaya memiliki 28 gedung perkantoran dengan luas area ruang perkantoran hingga 296.512 meter persegi. (Ing)


Tag: , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA