OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Surabaya Siap Bangun 18 Rusun Lagi

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: Dyah Saraswati

iStock_000011333370_Small

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menambah 18 lokasi rumah susun (rusun) tahun ini. Pembangunan rusun ini guna menyediakan hunian sewa dengan biaya rendah.

Pembangunan proyek ini akan menggunakan dana APBN. Pemkot juga mengalokasikan anggaran untuk pengerukan dan penetapan lahan.

Mengutip Okezone, Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan danTanah (DBPT) Kota Surabaya, Maria Ekawati Rahayu, menyebutkan, seluruh rusun itu dibangun dari dana APBN, sedangkan Pemkot hanya bertugas menyediakan lahannya.

Baca juga: Dua dari Tiga Rusunawa di Temanggung, Rampung

“Ke-18 rusun tersebut sebagian adalah tahap lanjutan dari rusun yang sekarang sudah ada,” tutur Maria.

Maria memaparkan, 18 titik rusun itu di wilayah Siwalankerto, Jambangan, Romokalisari, Sememi, Dukuh Menanggal, Keputih, Tambahsari, dan Kenjeran. “Kalau yang di Siwalankerto, Jambangan, dan Romokalisari itu tambahan dari yang sebelumnya,” ujarnya.

Jumlah daftar tunggu pemohon unit rusun hingga saat ini terbilang banyak peminat. Dari daftar yang dimiliki DPBT, warga yang menunggu dalam daftar antrean rusun ada sebanyak 2.300 kepala keluarga.

Untuk saat ini, Pemkot tengah penyiapkan lahan untuk pembangunan. Anggaran yang disiapkan APBD 2016 sebesar Rp50 miliar.

Dana tersebut digunakan untuk menguruk tanah dan menetapkan lahan siap bangun. Maria mengungkapkan, “Lahan yang sudah siap berada di Siwalankerto, Jambangan, Tambaksari, Keputihan, dan Romokalisari.”

Sementara itu, ditempat terpisah, Kepala Bidang Pemanfaatan Bangunan DPBT Kota Surabaya Agus Suprioyo menambahkan, kemungkinan bentuk dari rusun yang akan dibangun tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Alasannya, dari pusat penyebutan rusunnya berbeda. Biasanya disebut blok, kini disebutnya menara.

Baca juga: Rusunawa PNS Pemprov Sulsel Diresmikan

“Kapasitasnya juga berubah. Jika dulu satu blok berisi 96 unit, sekarang satu menara isinya 144 unit. Bentuknya nanti seperti apa kami juga belum tahu pasti,” ujarnya.

Dengan penambahan unit rusun tersebut diharapkan akan membawa manfaat bagi warga Surabaya yang belum memiliki hunian. Sebab sewanya terjangkau, yaitu kurang dari Rp100.000 per bulan. (Wit)


Tag: , , , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA