Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura kini bebas tarif sejak Sabtu (27-10-2018). Foto: Rumah123/Getty
 

Jembatan Suramadu sepanjang 5,4 kilometer yang menghubungkan wilayah Surabaya dan Madura kini gratis melewatinya. Kalau dulu kamu harus merogoh kocek Rp30.000 untuk melewati jembatan ini yang kemudian dipangkas separuhnya jadi Rp15.000, kini kamu gak perlu bayar melewatinya. Hal ini berlaku sejak Sabtu (27-10-2018), setelah Presiden Joko Widodo meresmikan pembebasan tarifnya.

Menurut Kompas.com, Sabtu (27-10-2018), informasi awal Jembatan Suramadu yang dibangun pada 2003 ini akan digratiskan berasal dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui akun Instagram resminya, Jumat (26-10-2018).

Baca juga: Wuih! Ada Jembatan Kaca Melintasi Sungai Cisadane di Kota Tangerang

Sebelum ada jalan tol Jembatan Suramadu yang merupakan satu-satunya penghubung jalur darat antara Surabaya dan Madura, masyarakat tak punya pilihan akses Surabaya-Madura PP kecuali melewati jalur laut.

Dengan pembebasan tarif ini, maka biaya pemeliharaan Jembatan Suramadu yang semula dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk, kini akan dibebankan sepenuhnya pada APBN.

Jembatan Suramadu memiliki panjang 5,4 kilometer dan dibangun sejak 2003 dengan biaya Rp4,5 triliun yang dananya berasal dari APBN dan pinjaman China. Foto: Rumah123/Getty
 

Menurut Jasa Marga, pembebasan tarif tol Jembatan Suramadu ini tentunya merupakan bagian dari komitmen pemerintah dan BUMN untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, dalam sumber yang sama, Jembatan Suramadu bukan yang pertama kali digratiskan oleh pemerintah. Sebelumnya, pemerintah pernah membebaskan tarif Jembatan Rajamandala. Jembatan ini menghubungkan Kabupaten Cianjur ke Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: Bukan Sekedar Jembatan Penyeberangan Biasa

Jembatan Rajamandala memiliki panjang sekitar 220 meter dan lebar 9 meter. Jembatan ini dibangun pada 1972 dan rampung 7 tahun kemudian. Pada awal pengoperasiannya, masyarakat yang hendak melintasi dikenakan tarif. Namun, sekitar tahun 1990-an, pemerintah memutuskan untuk membebaskan tarif jembatan ini.

Jadi, kalau kamu punya rumah di Madura kerja di Surabaya atau sebaliknya, bisa lancar jaya nih!

Bagikan: 603 kali