Penggarapan seluruh Ruas Tol Trans-Jawa ditargetkan selesai 2018. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR
 

Kalau kamu biasa menempuh jalur Pantura (Pantai Utara) saat mudik Lebaran, kini ada alternatifnya, yakni jalur Pansela (pantai Selatan). Jalur ini terus diperbaiki, selain menjadi jalan andalan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, jalur ini juga merupakan alternatif bagi para pemudik.

“Ruas ini bisa menjadi jalur alternatif untuk mudik, sekaligus sebagai jalur wisata di selatan Jawa yang sangat prospektif,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam siaran persnya, Minggu (1/4/2018).

Baca juga: Berapa Sih Total Biaya Melewati Tol Jakarta-Surabaya Saat Mudik Lebaran 2018?

Mau tahu ruas jalan Pansela yang sekarang sudah oke? Yakni Ruas Giriwoyo-Duwet sepanjang 23,7 kilometer. Pengerjaan jalannya sejak Oktober 2015 dan rampung pada 2017. Saat ini masih dalam masa pemeliharaan oleh kontraktor PT Hutama Karya hingga Desember 2019.

“Ruas jalan Pansela di Pacitan sudah semakin baik dengan dua jalur dan lebar tujuh meter. Tanjakan yang ada juga cukup lebar sehingga nyaman dilalui,” kata Basuki lagi.

Baca juga: Mudik Lebaran Lewat Tol Jakarta-Surabaya, Titik Macetnya di Mana Aja Sih?

Punya panjang 1.604 kilometer, jalur Pansela membentang menyusuri garis tepi Pantai Selatan dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jawa Timur.

Jadi, gimana? Mau coba lewat jalur Pansela saat mudik Lebaran tahun ini?

Bagikan: 977 kali