Yuk simak tips mencuci baju dan menjemur baju supaya pakaianmu tidak gampang kusam!

Dengan menggunakan cara mencuci baju yang tepat, pakaian jadi tak gampang kusam - Rumah123.com Dengan menggunakan cara mencuci baju yang tepat, pakaian jadi tak gampang kusam - Rumah123.com

Banyak orang yang mengabaikan berbagai hal mencuci dan menjemur pakaian yang dapat membuat pakaian tersebut kusam dan longgar. Padahal berapa pun harganya, pakaian tersebut tetap dibeli dengan uang. Sayang sekali kan, hanya karena cara mencuci baju yang salah, kamu tak bisa lagi menggunakannya dan harus mengeluarkan dana ekstra untuk ini? 

Maka dari itu, sudah saatnya untuk memerhatikan hal-hal kecil seperti ini sekali pun. Ketika mencuci pakaian, simak tips dan trik dalam mencuci baju yang kerap digunakan para ibu berikut ini!

Hindari merendam pakaian terlalu lama

Rahasia pertama yang biasanya digunakan adalah tidak merendam cucian terlalu lama. Banyak orang yang mengabaikan hal ini dengan merendam cucian mereka terlalu lama. Banyak yang beranggapan jika direndam terlalu lama, noda-noda yang terdapat pada pakaian akan hilang secara maksimal. Nyatanya, hal tersebut malah akan membuat kain menjadi rusak dan warna pakaianmu akan berangsur pudar. Idealnya, kamu dapat merendam pakaian kotor maksimal 15 menit saja. Jangan merendamnya lebih dari 15 menit untuk tetap mendapatkan pakaian yang terawat.

Baca juga: 9 Cara Mencuci Baju yang Keliru Ini Bikin Pakaian Cepat Rusak

Jangan memeras pakaian terlalu kasar

Untuk mendapatkan kering secara maksimal, biasanya kamu akan memeras cucian sekuat tenaga. Namun ternyata, mengeringkan dengan cara yang berlebihan ternyata punya dampak buruk terhadap pakaianmu. Dampaknya, elastisitas kain pada pakaianmu akan berkurang dan pakaianmu akan kendur. Jika kamu merasa cucian mu masih belum cukup kering setelah kamu peras, kamu dapat mengibas cucian kamu secara berulang-ulang hingga kamu merasa cukup.

Balik pakaian ke sisi dalam ketika dijemur

Tips selanjutnya yang biasa dilakukan oleh para ibu saat menjemur pakaian adalah membalik pakaian yang akan dijemur ke sisi dalam. Dengan begitu, pakaian yang akan terkena matahari langsung adalah bagian dalam dari pakaian tersebut. Tujuannya adalah supaya pakaian mendapatkan sinar matahari langsung sehingga akan memengaruhi warna pada pakaian. Dengan begitu, warna pada bagian luar pakaian tidak cepat memudar dan akan tetap pada warna yang sama seperti kamu beli pertama kali.

Baca juga: 7 Cara Gampang Merapikan Pakaian Kusut Tanpa Setrika

Menjemur pakaian dengan gantungan baju atau penjepit jemuran

Tips terakhir yang biasanya juga sering diabaikan oleh banyak orang adalah cara menjemur pakaian. Banyak orang yang menjemur cucian mereka langsung di tali jemuran. Padahal, hal tersebut akan menimbulkan kerusakan pada tekstur kain, terlebih jika pakaian tersebut adalah pakaian bayi. Sebaiknya, jika kamu ingin menggantungkannya pada kain jemuran kamu dapat menggunakan penjepit jemuran supaya kainnya tidak terkena langsung dengan tali jemuran. Alangkah baiknya lagi jika kamu menjemur dengan menggunakan gantungan baju.

Itulah beberapa tips yang sering dilakukan para ibu saat mencuci pakaian keluarganya. Kamu dapat menconteknya supaya pakaianmu tetap mendapatkan hasil yang baik setelah dicuci dan dijemur!

Bagikan:
3530 kali