Ilustrasi Foto: Rumah123/iStock

Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) bebas biaya alias gratis selama seminggu sejak hari peresmiannya, Kamis (27-9-2018) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mumpung masih gratis, kamu mau coba?

Jalan Tol Desari yang diresmikan yakni Seksi I sepanjang 5,8 kilometer (km), terbentang mulai Antasari hingga Brigif. Dua seksi lainnya masih dalam pengerjaan. Kedua seksi ini yakni Seksi II Brigif-Sawangan sepanjang 6,3 km dan Seksi III Sawangan-Bojonggede sepanjang 9,5 km.

Simpang Susun Antasari merupakan salah satu bagian dari proyek Tol Desari. Simpang susun ini terkoneksi dengan berbagai jalan, mulai Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) hingga jalan arteri yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Ada Tol Depok-Antasari, Cari Hunian di FPI 2017 Margo City Yuk!

Nah, supaya kamu gak nyasar saat berkendara di Jalan Tol Desari, simak rutenya seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (27-9-2018) berikut ini:

Rute jalan untuk mengakses Tol Desari:

Dari arah Antasari/Blok M

Kamu yang menuju ke arah Ampera atau Cilandak, bisa mengambil lajur paling kiri. Kalau mau menuju Fatmawati/Pondok Labu, bisa mengambil lajur yang paling kanan. Kedua lajur ini merupakan jalur non-tol.

Kalau ingin mengakses tol menuju Depok/Bogor, bisa mengambil lajur yang ada di tengah. Jalur ini menjadi satu-satunya jalur non-tol yang langsung tersambung menuju Tol Desari.

Baca juga: 6 Ruas Tol Ini Bisa Dilalui pada 2017-2018, Tol Mana Sajakah?

Dari arah Fatmawati/Pondok Indah

Kalau kamu menggunakan Tol JORR dan menuju Depok, bisa memilih lajur kiri lalu berputar arah menuju ke Tol Desari. Tapi, kalau menuju arah Ampera/Cilandak/Kampung Rambutan, bisa mengambil lajur kanan atau tengah. Sama halnya kalau kamu melewati jalur arteri. Untuk jalur ini juga terdapat dua percabangan, yaitu menuju Antasari/Blok M dan putar balik ke arah Pondok Labu.

Dari Kampung Rambutan/Jagorawi/Cikampek

Kalau kamu ingin mengakses Tol Desari via Tol JORR bisa mengambil lajur paling kiri. Tapi, kalau ke arah Pondok Indah/Bintaro, maka lajur tengah dan paling kanan bisa menjadi pilihan. Sama halnya kalau kamu melewati jalan arteri.

Dari Depok/Bogor

Kalau kamu keluar dari Tol Desari, ada beberapa rute yang bisa dipilih, baik tol maupun arteri. Untuk jalur arteri, kalau menuju Fatmawati/Pondok Labu/Cinere dapat menggunakan lajur paling kiri. Kalau ingin ke kawasan Antasari/Blok M, gunakan lajur kedua dari kiri.

Baca juga: Tol Cijago, Cicung, dan Cigrak Bikin Depok Semakin Diminati

Kalau kamu memilih jalan bebas hambatan, maka arah yang bisa dituju yaitu Pondok Indah/Serpong/Tangerang atau arah ke Kampung Rambutan/Tol Jagorawi dan Tol Cikampek. Untuk destinasi terakhir ini, kamu harus sedikit berputar di simpang susun.

Berapa tarif Jalan Tol Desari? Sampai saat ini belum ada kepastian tarifnya. Tapi, ancer-ancernya paling mahal untuk Seksi I yang baru diresmikan ini adalah Rp8.700.

Bagikan: 4928 kali