Bermodalkan Android Box seharga Rp300 ribuan, kamu bisa menyulap TV jadul jadi Smart TV. Ini cara gampangnya!

Seorang perempuan sedang memasang android box pada smart tv - rumah123.com Seorang perempuan sedang memasang android box pada smart tv (Rumah123.com/Getty Images)

Nonton film atau video YouTube memang asik banget. Apalagi kalau nontonnya lewat layar TV, bukan cuma layar HP. Tapi untuk bisa melakukan ini, kamu harus punya smart TV, yang mana harganya bisa dibilang mahal. Atau kalau mau repot sedikit, kamu harus lepas pasang laptop ke TV tiap mau nonton di layar besar.

Nah, tahukah kamu kalau dengan bermodalkan Android Box, kamu bisa menyulap TV LED atau LCD milikmu menjadi smart TV? Jadi, kamu tak perlu mengeluarkan uang mahal-mahal untuk membeli TV pintar. Apalagi kalau TV-mu masih berfungsi dengan baik, sayang kan? 

Android box, alat canggih nan murah yang bisa wujudkan mimpimu punya smart TV

Android box, merupakan sebuah perangkat eksternal yang ditenagai sistem operasi Android. Alat satu ini bisa mengubah fungsi TV biasa menjadi smart TV. Ada banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan Android box ini, mulai dari streaming film, bermain game, browsing internet, hingga chatting.

Fungsinya sama persis seperti sedang menggunakan smartphone berbasis Android. Bedanya, tak ada layar pada Android Box. Sebagai gantinya, kamu harus menyambungkan alat satu ini ke layar TV yang sudah mendukung adaptor HDMI. 

Bagaimana cara menggunakan Android box di TV biasa?

1. Beli perangkat Android Box 

Ada banyak sekali perangkat Android box yang dijual di luar sana. Sebelum membelinya, cek dulu spesifikasi perangkat yang paling tepat untukmu. Pilih perangkat yang punya spesifikasi minimal CPU Quad-Core- RAM 2GB, atau CPU Octa-Core RAM 1 GB. Kualitas grafis pun akan memengaruhi pengalamanmu saat menonton. Supaya maksimal, pilih perangkat dengan resolusi 4K. 

2. Pasang Android Box menggunakan WiFi

Jika kamu punya jaringan WiFi di rumah, memasang Android Box semudah kamu menggunakan smartphone Android untuk pertama kali. Kamu tinggal menyambungkan Android Box ke port HDMI pada TV LED atau LCD milikmu.

Lalu, sama seperti mengatur perangkat smartphone, kamu pun harus mengatur perangkat Android Box terlebih dahulu. Sambungkan dengan jaringan WiFi, dan setelah tersambung, kamu pun bisa langsung menggunakan aplikasi yang terdapat di dalamnya. 

Ada beberapa perangkat dengan sejumlah aplikasi bawaan di dalamnya. Tapi jika mau menambahkan aplikasi tertentu, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut melalui layar TV. 

Banyak cara murah yang bisa ditempuh untuk menciptakan kesan canggih di rumah

Menciptakan fitur canggih, mulai dari memasang smart TV, bahkan hingga smart home sekalipun, ternyata tak membutuhkan bujet mahal. Asal cukup kreatif, kamu bisa memaksimalkan modal yang ada! Jadi, selamat berkreasi di hunianmu sendiri!

Bagikan: 1216 kali