Walaupun cuma punya kamar mandi kecil, kamu juga bisa loh merasakan nuansa kamar mandi mewah hotel setiap hari di rumahmu. Ini 5 caranya!

Kondisi kamar mandi merupakan salah satu bagian ruangan yang pertama kali dilihat ketika seseorang hendak memesan kamar hotel. Alasannya karena kamar mandi hotel seringkali lebih mewah dan nyaman dibandingkan kamar mandi rumah. Tentu gak ada yang mau kan, sudah mahal-mahal bayar, suasananya sama aja dengan di rumah?

Tapi, mungkin gak ya kamu bisa merasakan kemewahan dan kenyamanan tersebut setiap hari di rumah? Tentu saja mungkin! Gak perlu khawatir kalau kamu punya kamar mandi kecil. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat kamar mandi kecil milikmu tetap mewah dan nyaman layaknya kamar mandi hotel bintang lima. Penasaran gimana caranya? Simak tips selengkapnya di bawah ini!

Manfaatkan warna putih untuk memberikan kesan luas dan mewah

kamar mandi kecil - rumah123.com

Warna putih bukan cuma bisa memberikan kesan bening dan bersih, melainkan juga bisa menciptakan kamar mandi kecil menjadi lebih lebih luas. Kamu bisa mengganti dinding dan lantai kamar mandi dengan keramik mozaik putih. Pilih juga perabotan kamar mandi seperti kloset dan wastafel dengan warna putih untuk memberikan warna yang selaras.

Baca juga: Tips Jual Rumah: 6 Hal yang Ada di Kamar Mandi dan Bikin Takut Pembeli

Tempatkan gantungan handuk pada gagang pintu kaca atau dinding

kamar mandi kecil - rumah123.com

Untuk menghemat lahan, coba tempatkan gantungan handuk menempel pada gagang pintu kaca pembatas ruangan basah dan kering, atau pada dinding kamar mandi. Peletakan gantungan handuk seperti ini juga menimbulkan kesan lebih rapi dibandingkan hanya menggantungnya di belakang pintu.

Ganti dinding kamar mandi dengan kaca transparan

kamar mandi kecil - rumah123.com

Rata-rata pintu kamar mandi hotel terbuat dari kaca transparan. Ternyata, alasan di baliknya adalah untuk efisiensi bujet. Pembuatan dinding membutuhkan biaya cukup besar, untuk membeli semen, bata, cat, dan lainnya. Untuk mengurangi biaya, mereka menggunakan kaca transparan sebagai pengganti dinding kamar mandi.

Gak cuma itu, penggunaan kaca transparan  juga bisa membuat kamar lebih luas dan cerah. Konsep ini tentu hanya cocok untuk kamar mandi yang terletak di dalam kamar tidur. Supaya privasi gak berkurang, kamu bisa menambahkan intelligent glass yang mampu berubah dari bening menjadi buram dan sebaliknya hanya dengan menekan satu tombol.  

Gunakan kloset dan wastafel melayang untuk tambahan ruang kosong

kamar mandi kecil - rumah123.com

Ada banyak barang yang harus diletakkan di kamar mandi. Mulai dari peralatan pribadi seperti sampo, sabun, dan sikat gigi, botol-botol cairan pembersih, hingga tempat sampah. Tentu saja peralatan tersebut akan memakan banyak ruang di dalam kamar mandi.

Apabila gak ditata dengan baik, yang ada kamar mandi kecil milikmu akan terlihat berantakan. Supaya tetap terlihat rapi, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan perabotan wastafel atau kloset gantung sehingga terdapat ruang kosong tambahan untuk menyimpan peralatan-peralatan tersebut.

Baca juga: Tips Kamar Mandi Selalu Bersih Setiap Saat, Gimana Tuh?

Perbanyak cermin untuk ilusi ruangan besar

kamar mandi kecil - rumah123.com

Cermin selalu berhasil menciptakan kesan ruangan lebih luas pada ruangan yang kecil. Salah satu cara mudah yang bisa digunakan adalah dengan menempatkan cermin berukuran besar di tempat yang berhadapan dengan arah cahaya matahari masuk, supaya cermin bisa memantulkan cahaya ke seluruh ruangan.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan full height mirror di salah satu sisi dinding untuk memberikan efek kamar mandi menjadi lebih luas dibandingkan ukuran sebenarnya. Supaya lebih estetik, gunakan variasi pencahayaan yang melintangi cermin.

Singkirkan barang yang jarang dipakai

kamar mandi kecil - rumah123.com

Coba cek kembali isi kamar mandimu, apakah banyak barang yang sebenarnya jarang digunakan? Misalnya seperti alat catok, handuk tambahan, atau persediaan tisu untuk beberapa bulan ke depan. Jika iya, maka saatnya untuk menyingkirkan itu semua.

Ruangan kamar mandimu terlalu sempit jika dipenuhi dengan barang-barang yang jarang digunakan. Solusinya, pindahkanlah barang tersebut ke tempat lain yang memiliki ruang penyimpanan cukup.

Bagikan: 2365 kali