Pemerintah Denmark Memberikan Kemudahan Berupa Suku Bunga Hanya Sebesar 1 Persen dan Jangka Waktu 30 Tahun Bagi Mereka yang Ingin Membeli Rumah Melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah) (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pemerintah Denmark berencana untuk menetapkan suku bunga KPR (Kredit Pemilikan Rumah) sebesar 1 persen dengan jangka waktu hingga 30 tahun. Yuk, pindah ke sini saja biar mudah beli rumah.

Buat kamu yang mengajukan KPR atau KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), berapa biasanya suku bunga yang diberikan oleh bank kepada kamu. Rata-rata bank sih memberikan 7-8 persen per tahun. Itu pun hanya flat selama 2-3 tahun.

Setelah itu, kamu akan merasakan cicilan rumah yang luar biasa besar karena suku bunganya floating alias mengikuti pasar dan ketetapan Bank Indonesia. Jangan heran kalau suku bunga KPR dan KPA biasanya belasan persen.

Baca juga: 22,5 Persen Orang Indonesia Pilih Properti Sebagai Investasi, Kamu Termasuk Ga?

Nah, bayangkan kalau di Denmark, kamu bisa mendapatkan suku bunga KPR yang rendah. Business Times melansir konsumen bisa memperoleh suku bunga KPR hanya 1 persen doang. Jangka waktunya bisa mencapai 30 tahun..

Jadi bayangkan kalau kamu mulai mencicil hunian saat kamu masih bekerja dengan status staf pada usia 25 tahun. Lantas cicilannya masih sama saat kamu memasuki masa pensiun pada umur 55 tahun.

Saat itu, mungkin level kamu sudah menempati posisi sebagai manajer senior. Tetapi, cicilannya sama padahal gaji kamu sudah naik berkali-kali lipat.

Baca juga:  Generasi Milenial Kaya Raya Bidik Investasi Properti di Luar Negeri

Kenapa bisa begitu ya di Denmark? Pemerintah Denmark membiayai perumahan melalui pasar obligasi terbesar di dunia. Keamanannya terjamin.

Suku bunga KPR di Denmark sebenarnya memiliki besar bunga yang sama yang didapatkan oleh investor obligasi. Bank Sentral Denmark berupaya untuk mempertahankan suku bunga ini.

Wah, nggak kebayang ya kalau suku bunga KPR bisa flat selama puluhan tahun. Kapan ya di Indonesia bisa terjadi hal seperti ini?

Baca juga:  Di Mana Sebaiknya Investor Indonesia Berinvestasi Properti di Luar Negeri

Bagikan: 1420 kali