Ilustrasi: Rumah123/iStock

Untuk meningkatkan semangat belajar anak, perlu ada ruangan yang kondusif untuk belajar. Nah, jika ada ruangan lebih di rumahmu, buat saja untuk ruang belajar yang memadai untuk anakmu.

Namun, jika tidak ada ruangan lebih, kamu bisa memanfaatkan sudut yang tersisa di kamar anakmu untuk meletakkan sebuah meja belajar. Setelah membeli meja belajar, kamu dapat menghiasnya dengan warna atau karakter favorit anak untuk menarik perhatiannya.

Baca juga: Bikin Sudut Baca di Rumah, Asyik Juga...

Untuk ukuran meja belajar, selain harus kamu sesuaikan dengan ukuran ruangan, kamu harus pula mempertimbangkan barang-barang yang akan diletakkan di atas meja belajar anakmu.

Pastikan ia memiliki ruang yang cukup untuk menaruh buku-buku dan alat tulisnya. Pastikan pula ia dapat menulis dan membaca buku dengan nyaman di meja belajarnya.

Ketinggian dari meja belajar juga sebaiknya disesuaikan dengan tinggi anakmu. Untuk kursi, pilihlah kursi yang nyaman dengan punggung tegak lurus.

Baca juga: Mempercantik Sudut Ruangan

Sediakan pula pencahayaan yang cukup untuk anakmu demi menghindari ketegangan mata anakmu ketika ia belajar dalam waktu yang lama.

Kehadiran jendela tentunya sangat penting untuk sirkukasi udara. Usahakan ruangan kamar anakmu memiliki sirkulasi udara yang memadai, hanya saja letakkanlah meja belajar sedikit jauh dari jendela.

Hal ini untuk menghindari terganggunya konsentrasi anakmu. Ada baiknya kamu meletakan meja belajar di sudut dekat dinding kamar. (Wit)

Bagikan: 1515 kali