Foto: iStock Photo Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Arsitek Sigit Kusumawijaya pada acara talkshow yang dihelat Universitas Tarumanagara, Sabtu (17/12), menyarankan konsep rumah yang menerapkan metode rooftop garden.

Bagian atap rumah, dia 'sulap' jadi taman atau kebun. Pada dasarnya Sigit memang hobi berkebun. Cara menanam, menurutnya, bisa dengan metode vertikular maupun fasad.

Baca juga: Ayo, Bikin Rumah Sehat!

Terobosan yang dilakukan Sigit yakni menanam tanaman yang bisa dikonsumsi. Konsep atau ide berkebun ini dia namakan Urban Farm atau Farm House.

"Memang tanaman yang dikonsumsi, kayak bayam gitu membutuhkan proses dibanding tanaman hias. Jadi, bagaimana kita jadikan rumah tersebut hijau dengan luas 100 meter persegi contohnya. Bagaimana memanfaatkan ruang yang sempit itu agar bisa sehat dan hijau," katanya.

Baca juga: Yuk, Percantik Interior dengan Tanaman dalam Pot

Inilah cara dia bertanam di atap rumah. Lapisi atap dengan tanah yang diratakan, lalu tanam bibit-bibit tanaman di atasnya. Metode tanama hidroponik juga bisa dilakukan.

"Alat atau pot untuk bibit tanamannya ditumpuk atau double bed semacam itu. Gunakan metode vertikular," ujarnya.

Metode Urban Farm tersebut sudah ia terapkan pada salah satu hunian di kawasan Cipete dan BSD.

"Kebetulan pemilik rumah di sana orang dari komunitas berkebun juga. Biaya bahan-bahan untuk memanfaatkan atapnya sebagai tempat bertanam ditanggung pemilik rumah. Saya cuma menyiapkan konsep desainnya saja," katanya menjelaskan. (Wit)

 
Bagikan: 1827 kali