skuter listrik- rumah123.com Saat Ingin Menggunakan Skuter Listrik Jangan Lupa Untuk Mengenakan Helm dan Alat Pelindung Lainnya untuk Lutut dan Sikut (Foto: Rumah123/Getty Images)

Skuter listrik menjadi tren. Setidaknya ada insiden yang menjadi viral belum lama ini. Kamu sudah mengetahui tips aman saat menggunakan skuter listrik?

Moda transportasi yang sedang tren adalah skuter listrik. Satu salah satu perusahaan transportasi online Grab menghadirkan GrabWheels. Moda ini tersedia di sejumlah tempat di Jakarta.

Belum lama ini, skuter listrik menjadi perbincangan lantaran dua hal. Para pengguna merusak jembatan penyeberangan orang, kemudian ada insiden pengendara skuter listrik yang ditabrak mobil.

Baca juga: Dua Insiden Skuter Listrik: Ditabrak Mobil dan Merusak JPO Sudirman

Rusaknya jembatan penyeberangan orang di Sudirman menjadi viral. Para pengguna skuter listrik membawanya ke area JPO. Sejumlah bagian jembatan rusak, namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperbaikinya.

Insiden lainnya adalah beberapa pengendara skuter listrik ditabrak mobil sedan pada Ahad (10/11/2019). Dua orang meninggal dalam kejadian ini, sementara empat lainnya mengalami luka-luka.

Sebenarnya, moda transportasi ini memang ramah lingkungan lantaran menggunakan baterai yang diisi listrik. Namun, pengguna juga harus mengetahui sejumlah tips aman saat berkendara.

Baca juga: Migo Tuh Sebenarnya Apaan Sih, Sepeda Listrik Atau Sepeda Motor Listrik

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips ini dihimpun dari beberapa situs berita online seperti Kumparan.com dan Sindonews.com.

1. Memakai Perlengkapan Berkendara

Seperti halnya saat naik motor atau sepeda, jangan lupa untuk mengenakan helm. Pengaman kepala ini wajib dipakai tanpa memedulikan jarak tempuh jauh atau pun dekat.

Kalau ada, gunakan juga pelindung lutut dan sikut seperti halnya saat berkendara menggunakan sepeda gunung. Hal ini bisa mengurangi risiko cedera saat jatuh.

2. Memeriksa Kondisi dan Fungsi Kendaraan

Skuter listrik menggunakan tenaga listrik yang disimpan dalam baterai. Sebelum berkendara, coba cek dulu status baterai. Berapa lama baterai bisa bertahan saat berkendara.

Jangan lupa untuk memeriksa lampu, bel, gas, dan rem. Saat berkendara di malam hari, lampu memang dibutuhkan. Bel, gas, dan rem perlu dicek lagi, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Memerhatikan Rambu Lalu Lintas

Sebaiknya kamu menggunakan skuter listrik di taman atau kompleks perumahan supaya lebih aman. Namun, jika kamu ingin berkendara di trotoar yang luas atau jalan, kamu harus memerhatikan rambu jalan atau rambu lalu lintas.

Perhatikan arah para pejalan kaki kalau berada di trotoar. Jika berkendara di jalan raya, hindari jalan dengan lalu lintas padat apalagi yang penuh dengan truk dan bus besar. Ingat lho, skuter listrik memang sebaiknya tidak digunakan di jalan besar.

4. Fokus Saat Berkendara

Seperti halnya saat mengendarai motor atau mobil, kamu harus berkonsentrasi dan fokus saat menggunakan skuter listrik. Hindari untuk menggunakan earphone untuk mendengarkan musik.

Jangan menggunakan smartphone ketika berkendara. Konsentrasi bisa terpecah saat kamu berkendara dan harus mengendarai skuter listrik.

5. Tidak Memacu Kendaraan Melebihi Batas Kecepatan

Skuter listrik bukan digunakan untuk balapan. Moda transportasi ini digunakan untuk rekreasi, bersenang-senang, dan berkendara jarak dekat.

Biasanya skuter listrik hanya memiliki kecepatan maksimum sekitar 15 kilometer per jam. Sebaiknya kamu membatasi kecepatan saat berkendara.

6. Tidak Membonceng Orang Lain

Skuter listrik hanya bisa membawa beban maksimal 100 kilogram. Moda transportasi ini memang dirancang untuk pengendara tunggal.

Jadi bisa dibayangkan kalau kamu naik berdua, bertiga, atau malah lebih. Ingat ya, ini bukan mobil atau bus umum.

7. Mengenakan Pakaian Berwarna Terang Saat Berkendara di Malam Hari

Skuter listrik tidak memiliki lampu sein seperti motor dan mobil. Pengendara mobil atau motor bisa jadi tidak melihat kamu.

Kalau kamu ingin berkendara di malam hari, kenakan pakaian berwarna terang atau mencolok seperti kuning, oranye, dan lainnya.

8. Selalu Membawa Smartphone dan Dompet Berisi Kartu Identitas

Siapa pun tidak ingin terjadi sesuatu saat berkendara. Tetapi, tidak ada salahnya untuk melakukan langkah persiapan saat terjadi sesuatu.

Ada baiknya kamu selalu membawa smartphone dan dompet berisi kartu identitas. Jika terjadi sesuatu, orang bisa menghubungi keluarga kamu.

Baca juga: Polisi Larang Sepeda Listrik Migo Wira Wiri di Jalan, Hayo Siapa yang Suka Sewa

Bagikan: 1708 kali