ikatan arsitek indonesia

Bagi kamu yang ingin kuliah jurusan arsitektur, sudah tahu bagaimana sejarah Ikatan Arsitek Indonesia. Simak nih cerita lengkapnya di bawah ini.

Menjadi seorang arsitek bisa jadi adalah cita-cita yang selama ini kamu idam-idamkan. Terlebih lagi jika kamu memiliki bakat di bidang tersebut.

Di era pembangunan yang semakin berkembang seperti ini, banyak sekali bermunculan para arsitek-arsitek yang berbakat.

Beberapa dari mereka bekerja pada sebuah perusahaan besar atau pun membuka bisnisnya sendiri, dengan mendirikan perusahaan sendiri.

Sama halnya dengan profesi lain, yang membutuhkan sebuah organisasi yang mengatur tentang kode etik serta aturan lainnya di bidang tersebut.

Misalnya saja, seperti IDI yang mengatur kode etik dunia kedokteran. Pun, sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia yang menaungi para arsitek Indonesia.

Bagi kamu yang telah berkecimpung di dunia arsitek, tentu sudah mengenal Ikatan Arsitek Indonesia atau IAI.

Namun, bagi kamu yang masih baru, ulasan berikut akan menjelasakan apakah itu IAI dan apa saja kegiatan serta tugas organisasi tersebut.

ikatan arsitek indonesia

Sejarah Ikatan Arsitek Indonesia

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) merupakan sebuah organisasi keprofesian arsitek di Indonesia. Organisasi ini dibentuk secara resmi pada tanggal 17 September 1959, di Bandung.

Pembentukan IAI berawal di penghujung tahun 50-an, diadakan sebuah konferensi nasional di Jakarta dalam membentuk Gabungan Perusahaan Perencanaan dan Pelaksanaan Nasional (GAPERNAS).

Dalam konferensi tersebut, dihadiri oleh beberapa arsitek yang mewakili bidang perancangan. Namun, para arsitek yang mewakili konferensi tersebut tidak setuju dengan beberapa keputusan.

Nah, atas ketidapuasan tersebut akhirnya melahirkan organisasi profesi bagi para arsitek Indonesia. Saat itu jugalah, para arsitek sepakat berbagi tugas untuk mengadakan pertemuan lagi.

Singkat cerita, pertemuan pertama diadakan di jalan Wastukancana, di rumah saudara Ars. Lim Bwan Tjie, sebagai penghormatan kepada beliau selaku arsitek senior.

Pertemuan kedua diadakan di rumah makan Dago Theehuis di Bandung (sekarang Taman Budaya Jawa Barat), telah dirumuskan tujuan, cita-cita, konsep anggaran dan lain-lain.

Maka pada malam yang bersejarah tersebut resmi berdiri Lembaga tertinggi dalam dunia arsitektur professional Indonesia dengan nama, Ikatan Arsitek Indonesia atau IAI.

Hak, Kewajiban serta Kegiatan Anggota Ikatan Arsitektur Indonesia

Hak Anggota IAI

Setiap anggota IAI memiliki hak sebagai berikut:

1. Mendapatkan manfaat, pelayanan, pembinan, pembelaan, serta turut mengikuti berbagai kegiatan dan menggunakan sarana dan fasilitas organisasi.

2. Memperoleh tanda keanggotaan dan kompetensi sesuai dengan kaegori keanggotaan, sertifikat keahlian IAI atau sesuai ketentuan organisasi.

3. Membela diri dan memberikan keterangan atas keputusan dan atau sanksi organisasi kepada Sidang Dewan Kehormatan IAI yang diselenggarakan khusus untuk hal tersebut.

4. Menyampaikan pendapat pribadi dalam kegiatan musyawarah dan rapat anggota.

Hak Anggota IAI

1. Mendapatkan sertifikat keahlian IAI dan mendapat rekomendasi dalam memperoleh lisensi kerja.

2. Hak suara untuk dipilih menjadi Ketua IAI pada lingkup nasional/cabang/daerah.

Kewajiban Anggota IAI

1. Menegakkan kode etik arsitek dan kaidah tata laku profesi arsitek, serta menjunjung tinggi kesejawatan dan integrasi profesi.

2. Membayar uang pangkal dan iuran anggota sesuai ketentuan organisasi, kecuali Anggota Kehormatan.

3. Menggunakan hal suara atau hak pilih dalam Munas/Musda/Muscab kecuali Anggota Mahasiswa dan Anggota Kehormatan.

4. Senantiasa mengembangkan wawasan arsitektur dan keprofesionalannya sesuai dengan program yang telah diatur organisasi.

5. Melengkapi dan menyampaikan tambahan dan atau perubahan data serta karya profesi ke sekretariat IAI secara kesinambungan.

6. Memberikan keterangan yang sesungguhnya untuk membantu tugas Dewan Kehormatan IAI apabila dibutuhkan dalam rangka menegakkan etika berprofesi.

7. Menjalankan kegiatan profesinya sesuai ketetuan Pedoman Hubungan Kerja Antara Arsitek dengan Penggunaan Jasa.

Kegiatan IAI

Beberapa kegiatan yang biasa dialkukan oleh Ikatan Arsitektur Indonesia, seperti:

1. IAI Nasional dan IAI se Indonesia (perlu integrasi dengan SINFAR IAI se-Indonesia)

2. Kegiatan arsitektur bilateral IAI dengan pihak luar

3. Kegiatan arsitektur non-IAI skala nasional

4. Kegiatan arsitektur non-IAI skala internasional

IAI menerima pengumuman berbagai kegiatan lain di luar agenda resmi IAI, selama kegiatan tersebut memiliki hubungan dengan IAI, dunia arsitektur, keprofesian arsitek, bidang konstruksi dan lain-lain.

Wah, seru juga ya jadi arsitek. Kira-kira berapa sih gaji arsitek di Indonesia dan dunia? Yuk, cari tahu berapa besar.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti West Vista.

Bagikan:
122 kali