Ilustrasi Gerbang Tol. Jasa Marga Menaikkan Tarif Tol Bandara Soekarno Hatta Mulai Minggu (12/05/2019). Kenaikan Tarif Tol Hanya Terjadi untuk Golongan I dan II (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pengelola jalan tol Bandara, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menaikkan tarif tol mulai Ahad (12/05/2019) pukul 00.00 WIB (Waktu Indonesia Barat). Informasi ini penting lho buat kamu yang sering bolak balik Bandara Soekarno Hatta.

Tarif Tol Bandara Soekarno-Hatta atau tol Sedyatmo akhirnya naik, setelah sempat ditunda secara mendadak. Sebenarnya, Jasa Marga telah mendapatkan surat keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengenai penyesuaian tarif.

Seperti dikutip oleh Kompas.com, Direktur Operasi Jasa Marga, Subakti Syukur sempat menyatakan kalau pihaknya melakukan sosialisasi sebelum menetapkan kenaikan tarif.

Baca juga: Bakauheni-Terbanggi Besar Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sudah Tahu Belum

Sementara Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit memaparkan keputusan kenaikan tarif ini sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Peraturan ini menyatakan evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh BPJT. Penyesuaian tarif lama disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

Pengelola mempertimbangkan inflasi yang terjadi di Jakarta dan Tangerang. Kebetulan jalan tol sepanjang 12,4 kilometer ini memang melewati kedua wilayah ini.

Baca juga: Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 Beroperasi Pada Mei 2019, Mudik Bisa Lewat Sini

Tarif baru ini naik 7,14 persen dari tarif sebelumnya. Kenaikan tarif terjadi pada golongan I dan II, sementara golongan III tetap. Golongan IV dan V malah turun. Golongan I mencakup kendaraan pribadi.

Tarif lama golongan I adalah Rp7.000, sedangkan tarif baru adalah Rp7.500. Tarif lama golongan II  adalah Rp8.500, sementara tarif baru Rp10.000.

Golongan III tarifnya tetap Rp10.000. Tarif lama golongan IV adalah Rp12.500 turun menjadi Rp11.000. Begitu juga dengan golongan V. Tarif lama Rp15.000, sedangkan tarif barunya Rp11.000.

Baca juga: Sistem Mana Yang Dipakai di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran: Ganjil Genap Atau One Way?

Bagi kamu yang ke Bandara Soekarto-Hatta menggunakan kendaraan pribadi, kamu perlu tahu ya kenaikan tarif tol. Apalagi sebelumnya sudah ada sosialisasi.

By the way, kamu bisa menggunakan alternatif lainnya ke bandara selain menggunakan kendaraan pribadi. Ada bus Damri dan juga kereta bandara.

Bagikan: 641 kali