Jalan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur yang Ambles Sudah Bisa Digunakan Lagi Sejak Kamis (27/12/2018) (Foto: Rumah123/Kompas.com/Pemerintah Kota Surabaya)

Jalan Gubeng di Surabaya, Jawa Timut telah dapat digunakan oleh para pengguna kendaraan. Jalan ini kembali dibuka pada Kamis (27/12/2018) pada pukul 18.00 WIB.

Para pengendara diminta berhati-hati dalam melewati jalan ini. Seperti diketahui Jalan Gubeng ambles pada Selasa (18/12/2018) malam. Amblesnya berukuran cukup luas dan dalam.

Sejumlah pihak terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pakar konstruksi, dan lainnya mengirimkan tim untuk menyelidiki penyebab amblesnya jalan ini.

Baca juga: Waduh, Jalan Gubeng di Surabaya Ambles Sedalam Lebih dari 15 Meter

Pemerintah Kota Surabaya dan sejumlah pihak terkait langsung bergerak cepat untuk melaksanakan proses pemulihan jalan. Pada Ahad (23/12/2018), bagian yang ambles sudah diuruk dan dipadatkan.

Kompas.com melansir bahwa Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengumumkan beroperasinya lagi jalan ini melalui akun resmi Instagramnya. Dia juga mengucapkan syukur bahwa proses perbaikan jalan berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

Risma pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para petugas dan seluruh tim yang sudah bekerja keras dalam upaya memulihan Jalan Gubeng. Mereka bekerja siang malam dalam proses normalisasi.

Baca juga: Kenapa Sih Jalan Gubeng Bisa Ambles

Wali Kota Surabaya juga sempat menyatakan kalau dua lajur sisi timur sudah dapat digunakan pada Kamis (27/12/2018). Sedangkan dua lajur di sisi barat masih dalam proses penyemprotan ulang lapisan aspal cair.

Selain itu, tim pakar dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya bakal melaksanakan pengecekan. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu apakah lajur sisi barat telah siap diaspal atau belum. Bagian ini juga akan dipasangi steel sheet pile (SSP) untuk memperkuat area yang sempat ambles.

Wah, hebat juga ya. Upaya normalisasi jalan yang ambles hanya memakan waktu sembilan hari. Mudah-mudahan tidak ada lagi insiden serupa ya.

Baca juga: Perbaikan Jalan Gubeng Bakal Dipercepat

Bagikan: 626 kali