Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Rumah123/Fox News)

Kamu sudah tahu informasi ini belum? PT Jasa Marga akan merelokasi gerbang tol Cikarang Utama serta membangun dua gerbang tol baru di kilometer 69 dan 70.

Gerbang tol baru berada di kilometer 69 yaitu Sadang, Jawa Barat menjadi akses menuju Tol Purbaleunyi. Sedangkan gerbang tol di kilometer 70 di Cikampek, Jawa Barat menjadi akses menuju Tol Trans Jawa.

“Sekarang sudah mulai di KM 70 itu tes tanahnya, memang targetnya direncanakan sebelum arus mudik balik itu sudah selesai. Sehingga Cikarut (Cikarang Utara) nanti sudah tidak di sana lah,” ujar General Manager PT Jasa Marga cabang tol Jakarta-Cikampek, Raddy R. Lukman seperti dikutip oleh Kompas.com.

Baca juga: Sebelum Masuk Tol Trans Jawa, Pastikan Saldo E-Toll Masih Banyak

Jasa Marga melakukan relokasi lantaran keberadaan gerbang tol Cikarang Utara dinilai sudah tidak ideal. Selain itu, keberadaannya sudah mengkhawatirkan karena adanya proyek jalan Tol Jakarta-Cikampek elevated yang mengambil jalur di gerbang tol Cikarang Utama.

Sebelumnya, pengelola mengoperasikan 31 gardu tol, namun saat ini hanya menyisakan 24 gardu. Semua ini bisa memunculkan potensi gardu tidak bakal mampu menampung penumpukan kendaraan pada arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Tidak hanya itu, hal ini juga menjadi penyebab macetnya arus lalu lintas di gerbang tol Cikarang Utama pada jam sibuk. Keberadaan tiang penyangga konstruksi Jakarta-Cikampek elevated di belakang gerbang exit Cikarang Utara ke arah Jakarta berdampak terjadinya bottle neck effect selepas transaksi bisa menyebabkan antrian panjang.

Baca juga:  Konstruksi Infrastruktur Tidak Bisa Berbarengan, Efeknya Tol Cikampek Sering Macet

Kapasitas transaksis di gardu tol Cikarang Utara juga sudah tidak dapat lagi ditingkatkan karena keterbatasan lahan. Alhasil, terjadi penumpukan arus lalu lintas menuju tol Trans Jawa dan Tol Purbaleunyi di gerbang tol Cikarang Utara.

Pemindahan gerbang tol Cikarang Utara ke kilometer 69 dan kilometer 70 bisa mengurangi beban arus lalu lintas. Jasa Marga juga akan mengubah sistem transaksi terbuka untuk mengurangi frekuensi berhentinya kendaraan di gerbang tol.

Hmm, mudah-mudahan gerbang tol di KM 69 dan KM 70 bisa selesai sebelum Idul Fitri 2019 ya. Kebayang kan arus mudik dan arus balik seperti apa.

Baca juga:  Empat Jalan Tol Dibuka Pada Akhir 2018, Enak Nih Kalau Liburan Akhir Tahun

Bagikan: 506 kali