kartu lansia jakarta- rumah123 Ilustrasi Lansia. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Memberikan Bantuan Kepada Lanjut Usia Berupa Kartu Lansia Jakarta. Ada Sejumlah Cara dan Syarat untuk Mendapatkan Kartu Lansia Jakarta (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kaum lansia yang tinggal di Jakarta bisa menerima Kartu Lansia Jakarta. Apa saja cara dan syarat mendapatkan kartu ini?

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah lansia. Salah satunya melalui pemberian Kartu Lansia Jakarta.

Para pemegang Kartu Lansia Jakarta bakal memperoleh dana Rp600.000 setiap bulannya. Program bantuan ini diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya saat itu Sandiaga Uno.

Baca juga: Saat Kecil, Pemeran Joker Tinggal di Apartemen 1 Kamar Bersama Orang Tua dan 4 Saudara

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta akan membagikan dana ke rekening lansia penerima secara triwulan atau per tiga bulan. Transfer dikirimkan melalui rekening Bank DKI.

Kartu Lansia Jakarta ini ditujukan untuk memudahkan hidup warga terutama bagi mereka yang telah lanjut usia atau lansia. Setelah mendapatkan bantuan, para lansia bisa memenuhi kebutuhan dasar. Hal ini berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 193 Tahun 2017.

Program ini merupakan bentuk bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD). Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut Usia Dinas Sosial DKI Jakarta Sri Widowati pernah menyatakan jumlah penerima bantuan ini meningkat.

Baca juga: Jumlah Kaum Milenial yang Hidup Menumpang di Rumah Orang Tua Meningkat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan bantuan kepada 40.149 lansia pada 2019. Pada 2020, jumlahnya meningkat menjadi 77.524 lansia.

Nantinya, jumlah ini meningkat menjadi 92.533 lansia pada 2021. Pada 2022, jumlah penerima akan bertambah menjadi 107.573 lansia.

Ada beberapa cara dan syarat untuk mendapatkan kartu ini. Yuk, disimak bagaimana untuk memperolehnya.

Syarat Utama Memperoleh Kartu Lansia Jakarta

Untuk kamu ketahui, syarat utama untuk mendapatkan kartu ini adalah lansia sudah harus berusia 60 tahun ke atas. Syarat lainnya adalah lansia memiliki kemampuan ekonomi rendah. Laman berita online Kompas.com melansir persyaratan ini.

Persyaratan selanjutnya adalah mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk) DKI Jakarta, bertempat tinggal di Jakarta, tidak mempunyai penghasilan tetap, sakit menahun atau hanya dapat berbaring di tempat tidur, serta terlantar secara psikis dan sosial.

Lansia harus terkendala secara fisik dan psikologis. Mereka juga sudah harus terdaftar dalam Basis Data Terpadu.

Baca juga: Ga Perlu Takut Orang Tua Bakal Tersesat Saat Pergi Haji

Yang menjadi sasaran utama dari program ini adalah lansia yang tidak mempunyai penghasilan tetap atau penghasilan sangat kecil. Mereka bergantung kepada orang lain guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Semua hal terkait persyaratan dan ketentuan mengenai pemenuhan kebutuhan dasar ini telah diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 193 Tahun 2017 mengenai Pemberian Bantuan Sosial untuk Pemenuhan Kebutuhan Dasar bagi Lanjut Usia.

Jika lansia tidak terdaftar di Basis Data Terpadu, tetapi tetap memenuhi syarat, mereka tetap bisa memperoleh kartu ini. Caranya adalah dengan mengusulkan diri lewat proses Mekanisme Pemutakhiran Data di kelurahan tempat tinggal.

Baca juga: Desain Hunian yang Cocok untuk Orang Tua, Mau Lihat?

Nantinya, MPM akan melakukan pembagian ke dalam klaster masyarakat miskin dan klaster masyarakat rentan miskin. Melalui pembagian ini, peningkatan kesejahteraan lansia bisa disesuaikan dengan klaster masing-masing.

Bagikan: 2168 kali