Pemerintah Berencana Memindahkan Ibu Kota dari Jakarta Ke Kawasan Lain. Sejumlah Negara Sudah Memindahkan Ibu Kota Atau Merancang Ibu Kota Pemerintahan yang Baru (Foto: Rumah123/Getty Images)

Indonesia akan memindahkan ibu kotanya dari Jakarta. Perpindahan ibu kota sebuah negara adalah hal biasa. Sudah banyak negara yang memindahkan ibu kotanya dengan beragam alasan. Hmm, Indonesia bakal menyusul nih.

Presiden Joko Widodo kembali menyatakan akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke kota lainnya atau ke area baru. Sebelumnya, presiden juga sudah mengungkapkan hal yang sama sejak 2015.

Beberapa negara sudah memindahkan ibu kotanya atau ibu kota pemerintahan. Malaysia memang masih beribu kota di Kuala Lumpur.

Baca juga: Harga Tanah di Ibu Kota Baru Bakal Naik, Ga Pengen Investasi?

Namun ibu kota pemerintahan berpusat di Putrajaya yang berjarak puluhan kilometer dari Kuala Lumpur. Putrajaya menjadi kediaman Raja Malaysia, Perdana Menteri, dan para pejabat negara.

Brasil memindahkan ibu kota dari Rio de Janeiro ke Brasilia yang berada di pedalaman. Rio de Janeiro berada di tepi pantai.

Arsitek legendaris Oscar Niemeyer mendapatkan tugas untuk merancang kota baru ini. Banyak bangunan ikonik di kota ini.

Baca juga: Kalau Tidak Lagi Jadi Ibu Kota, Harga Tanah Jakarta Malah Bisa Lebih Mahal

Australia menetapkan Canberra sebagai ibu kota baru pada 1908. Kota ini menjadi kota yang direncanakan dari awal.

Canberra dipilih lantaran lokasinya berada di tengah antara dua kota terbesar di Australia yaitu Melbourne dan Sydney. Dua kota ini menjadi pusat bisnis dan ekonomi Australia.

Kalau kamu melakukan pencarian di internet bahwa negara yang memindahkan ibu kotanya banyak banget. Jadi bukan hal baru kalau ibu kota negara bisa pindah.

Baca juga: Wacana Pemindahan Ibu Kota Kembali Muncul, Beneran Pindah Ga Sih?

Ada juga negara yang masih beribu kota di kota yang sama. Selain Malaysia, Korea Selatan juga melakukan hal serupa. Ibu kota pemerintahan tidak lagi berada di Seoul, melainkan di Sejong City.

Jakarta sendiri sudah penuh sesak, banjir, macet, polusi, dan sulit untuk dikembangkan. Apalagi Jakarta terancam tenggelam. Jadi memang ada baiknya ada pemindahan ibu kota negara atau memang ada pemindahan ibu kota pemerintahan.

Bagikan: 635 kali