krl commuter line- rumah123.com Ilustrasi Stasiun Kereta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Akan Melakukan Penataan Terhadap Empat Stasiun Yaitu Stasiun Tanah Abang, Stasiun Juanda, Stasiun Senen, dan Stasiun Sudirman (Foto: Rumah123/Krl.co,id)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai melakukan penataan empat stasiun kereta api dan kereta listrik yaitu Tanah Abang, Senen, Juanda, dan Sudirman.

Empat stasiun kereta akan memiliki wajah atau tampilan baru. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menata stasiun. Penataan ini diharapkan bisa membuat adanya integrasi antarmoda transportasi publik atau transportasi massal di Jakarta bisa tercapai.

Laman berita online Kumparan.com melansir pernyataan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Dia menyatakan setiap stasiun akan mempunyai desain tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi stasiun.

Baca juga: KRL Commuter Line Hanya Sampai Stasiun Manggarai, Transjakarta Buka Rute Baru Ke Halte Tosari

Proses penataan stasiun ini melibatkan sejumlah pihak. Setiap dinas memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing.

Stasiun Tanah Abang, Stasiun Senen, Stasiun Juanda, dan Stasiun Sudirman memang tergolong ramai. Stasiun Tanah Abang menjadi stasiun transit untuk KRL (kereta rel listrik) Commuter Line untuk rute Tanah Abang-Serpong/Parung Panjang dan Bogor/Depok-Duri.

Stasiun Juanda dan Stasiun Sudirman menjadi akses bagi para pekerja yang berkantor di kawasan Sudirman-Thamrin. Sedangkan Stasiun Senen tidak hanya dilewati oleh KRL Commuter Line, tetapi juga menjadi salah satu stasiun pemberangkatan kereta jarak jauh untuk tujuan Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan lainnya.

Kondisi Lalu Lintas Sekitar Stasiun Tanah Abang Sangat Semrawut

Syafrin menyatakan perkembangan penataan Stasiun Tanah Abang di Jakarta Pusat berjalan baik. Pembangunan halte sedang disiapkan. Halte akan bersifat lock down.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan pengerasan jalan. Sedangkan Dinas Perhubungan melakukan analisa traffic.

Saat ini, kondisi traffic atau lalu lintas di sekitar Stasiun Tanah Abang memang sangat semrawut. Kelak, angkutan umum termasuk bajaj dan juga ojek online yang datang dari Jalan Jati Baru bakal diarahkan masuk melalui Jalan Jati Baru Timur. Setelah itu, mereka masuk ke kawasan baru hasil dari penataan.

Baca juga: Wah, Stasiun Kereta Ini Mirip Lanskap Gunung Es

Pemprov DKI Jakarta juga sudah menyediakan ruang untuk PKL atau pedagang kaki lima di depan stasiun. Ada dua rumah dinas yang akan dibongkar untuk menampung PKL di sekitar stasiun.

Dinas UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) DKI Jakarta juga akan menyediakan lokasi untuk PKL di lokasi binaan atau lokbin.

Stasiun Senen Akan Memiliki Halte Transjakarta

Syafrin memaparkan penataan untuk Stasiun Senen di Jakarta Pusat. Sebagian pagar akan dibuka untuk membangun trotoar yang lebih layak.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menyiapkan shelter atau halte untuk berbagai transportasi umum termasuk halte Transjakarta. Penumpang kereta bisa mengakses Transjakarta melalui area parkir motor, melewati pedestrian plaza, dan kemudian naik Transjakarta.

Sebelumnya, para pengguna kereta yang turun di Stasiun Pasar Senen harus berjalan cukup jauh ke Terminal Pasar Senen atau lokasi lain untuk mencari angkutan perkotaan (angkot). Usai penataan, mereka tidak perlu lagi menyeberang ke Terminal Pasar Senen.

Baca juga: Desain Stasiun Kereta Ini Terinspirasi dari Koreografi Tari, Keren Kan?

Nantinya, ada fasilitas untuk pejalan kaki. Area depan Terminal Pasar Senen akan berhadapan dengan pintu keluar Stasiun Senen. Penumpang cukup berjalan kaki untuk mengakses stasiun atau pun terminal.

Penataan Stasiun Juanda dan Stasiun Sudirman Tidak Terlalu Banyak

Syafrin memaparkan penataan untuk Stasiun Juanda dan Stasiun Sudirman tidak terlalu banyak. Stasiun Juanda yang berada di Jakarta Pusat sudah tertata rapi.

Pintu keluar Stasiun Juanda yang menuju ke Halte Transjakarta Juanda bakal diubah menjadi area drop off zone dan ojek pangkalan. Tempat menunggu ojek online berada di sisi belakang. Lokasi area ini berada di bawah rel dan merupakan lahan milik PT KAI (Kereta Api Indonesia).

Syafrin berharap kalau penataan Stasiun Juanda sudah selesai dan bisa diuji coba pada awal Maret 2020. Pengerjaan penataan stasiun ini memang lebih dulu dilakukan.

Penataan kecil juga dilakukan di Stasiun Sudirman di Jakarta Pusat. Saat ini, kondisi Stasiun Sudirman sudah rapi. Stasiun ini telah menyediakan tempat untuk ojek online di lahan yang merupakan bekas Pasar Blora.

Baca juga: Beda dengan Jakarta, Lahan Parkir Terbesar di Stasiun Kereta Ini Untuk Sepeda

Bagikan:
2027 kali