Biro Arsitek Asal Inggris, Zaha Hadid Architects Telah Menyelesaikan Pembangunan Stadion Al Wakrah di Al Wakrah, Qatar. Stadion Berkapasita 40.000 Penonton Ini Akan Digunakan Untuk Piala Dunia 2022 Qatar (Foto: Rumah123/Dezeen)

Biro arsitek asal Inggris, Zaha Hadid Architects telah menyelesaikan Stadion Al Wakrah di Qatar. Stadion ini akan digunakan untuk pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 Qatar. Desain stadion ini mirip perahu layar.

Stadion ini berjarak sekitar 16 kilometer dari Doha, ibu kota Qatar. Stadion ini berada di kota Al Wakrah yang merupakan kota pelabuhan.

Al Wakrah sebenarnya merupakan kota kecil dengan penduduk hanya 80.000 jiwa, namun merupakan kota terbesar kedua di Qatar.

Baca juga: Ronaldo Datang, Harga Tiket Stadion Juventus Langsung Naik

Stadion Al Wakrah Direncanakan Menjadi Tempat Penyelenggaraan Pertandingan Pertama Piala Dunia 2022 Qatar (Foto: Rumah123/Dezeen)

Banyaknya perahu di kota pelabuhan ini menjadi inspirasi dari para arsitek Zaha Hadid Architects untuk mendesain stadion yang memiliki kapasitas 40.000 penonton ini. Perahu ini digunakan para penyelam untuk mengambil mutiara di dalam laut.

Qatar membangun enam stadion baru, memperbarui satu stadion, dan memperluas satu stadion lainnya. Al Wakrah menjadi salah satu stadion baru.

Al Wakrah menjadi stadion pertama yang selesai pembangunannya. Sisanya masih dalam tahap konstruksi.

Baca juga: Butuh Duit, Barcelona Jual Nama Stadion Rp5,2 Triliun

Stadion Ini Terinspirasi Dari Perahu Layar yang Ada di Al Wakrah. Nelayan Menggunakan Perahu Layar untuk Berburu Mutiara di Laut (Foto: Rumah123/Dezeen)

Rencananya, Stadion Al Wakrah ini akan menjadi tempat pertandingan pembukaan Piala Dunia 2022. Untuk pertama kalinya, Timur Tengah menjadi tuan rumah Piala Dunia. Sebenarnya, kawasan ini masih masuk Asia.

Piala Dunia 2022 ini akan menjadi piala dunia terakhir dengan 32 peserta. Ada rencana kalau para peserta bertambah menjadi 48 peserta.

Usai Piala Dunia 2022, Stadion Al Wakrah akan direnovasi ulang. Sebagian bangkunya akan dikirimkan ke negara lain yang membutuhkan infrastruktur olahraga.

Baca juga: Rencana David Beckham Bikin Stadion di Miami, Amerika Serikat Sudah Disetujui Lho

Qatar Membangun Enam Stadion Baru untuk Piala Dunia 2022. Al Wakrah Menjadi Stadion Pertama yang Selesai Dibangun (Foto: Rumah123/Dezeen)

Bagikan: 479 kali